Politik Pilkada Serentak 2020

Ada Ketua KPU Indramayu, Bawaslu Indramayu Proses Video Ucapan Ultah Bakal Cawabup

Kamis, 10 September 2020 - 16:06 | 59.27k
Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu, Nurhadi. (FOTO: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu, Nurhadi. (FOTO: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Indramayu (Bawaslu Indramayu) akan memproses video ucapan selamat ulang tahun kepada calon wakil bupati Indramayu, Ahmad Taufik di mana Ketua Komisi Pemilihan Umum atau KPU Indramayu, Ahmad Toni Fatoni, berada dalam frame video tersebut.

Ketua Bawaslu Indramayu, Nurhadi, timnya nanti akan memproses kejadian tersebut, mencari fakta-fakta, dan bukti-bukti lain, apakah kejadian tersebut mengandung indikasi pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu atau tidak.

"Kita akan proses selama tujuh hari, lalu akan kita putuskan apakah ada pelanggaran atau tidak," jelasnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (10/9/2020).

Nurhadi melanjutkan, jika terbukti melanggar, maka perkara tersebut akan disampaikan kepada Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) RI. Sebab, hal tersebut diatur dalam Peraturan DKPP RI Nomor 2 Tahun 2017 tentang kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilihan umum.

"Akan kita sampaikan terkait pelanggaran kode etik ini, jika memang terbukti," ujarnya.

Nurhadi pun mengimbau, kepada seluruh jajaran penyelenggara Pemilu, baik itu KPU maupun Bawaslu, agar menghindari konflik kepentingan dengan tidak menghadiri atau ikut kumpul dengan tim sukses maupun Paslon.

"Sebenarnya sikap tadi sengaja atau tidak, kita berupaya untuk menghindari supaya tidak ada persepsi negatif dari masyarakat," tuturnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni, tertangkap kamera video kejutan ulang tahun salah satu calon wakil bupati Indramayu, Ahmad Taufik.

Kejadian tersebut terjadi di sebuah lobi hotel di Bandung, saat para pasangan calon hendak menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Rabu (9/9/2020) kemarin.

Fatoni menjelaskan, saat itu dirinya berada si lobi hotel ketika sedang menunggu para pasangan calon, untuk menuju ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, guna menjalani tes kesehatan. Saat menunggu di lobi hotel tersebut, tiba-tiba ada ajudan membawa lilin dan kue, kemudian mengucapkan selamat ulang tahun kepada Ahmad Taufik.

"Hanya kebetulan kami sama-sama berdiri di depan lobi hotel, saya gak tahu kalau pak Taufik Hidayat ultah, menghindar juga gak enak," jelasnya.

Saat itu, lanjutnya, rombongan pasangan calon bupati dan wakil bupati Indramayu juga masih ada di dalam lobi. Sementara komisoner KPU Indramayu lainnya masih berada di dalam. "Jadi itu bukan faktor kesengajaan, karena saya tidak tau," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES