Politik Pilkada Serentak 2020

Dua Daerah di Sumsel Calon Tunggal, Ini Kata RCI

Kamis, 10 September 2020 - 15:12 | 27.53k
Grafis paslon di Pilkada Serentak 2828 di Sumsel. (FOTO: KPU Sumsel)
Grafis paslon di Pilkada Serentak 2828 di Sumsel. (FOTO: KPU Sumsel)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Dua daerah di Sumatera Selatan bakal diikuti calon tunggal melawan kotak kosong pada Pilkada Serentak 2020.

Dua daerah tersebut yakni Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dengan paslon tunggal petahana yakni Kuryana Azis-Johan Anuar yang diusung 11 partai PKS, PBB, PAN, Golkar, PKPI, PPP, Gerindra, Demokrat, PKB, PDIP dan NasDem.

Kemudian Kabupaten OKU Selatan dengan  paslon tunggal dari pasangan petahana Popo Ali-Sholihien yang didukung 12 partai dari PKB, Gerindra, PDI, Golkar, Nasdem, PKS, Perindo, PPP, PAN, Hanura, Demokrat dan PBB.

"Meskipun melawan kotak kosong karena calon tunggal, kita meminta masyarakat untuk tetap memberikan hak suara dengan datang ke TPS pada Pilkada nanti agar terhindar dari golput,"kata Anggota KPU Sumsel Herpriyadi, SH, Kamis (10/9/2020).

Sementara Direktur Eksekutif Rumah Citra Indonesia (RCI) Muhammad Zulfikar, S Pd, M Pd menjelaskan sebetulnya paslon tunggal kurang baik jika dikaitkan dengan pendidikan politik.

"Adanya paslon tunggal membuat kader potensial baik parpol dan non parpol tidak bisa maju. Disini terlihat fungsi kaderisasi kepemimpinan pada tubuh parpol tidak berjalan terutama parpol yang memiliki kursi,"ujar Alumni Pasca Sarjana UNJ ini.

Faktor lain, lanjut Bang Zoel, dugaan adanya  mahar politik tinggi sehingga membuat peluang tokoh lain untuk maju tertutup.

"Calon tunggal bukan berarti tidak ada calon potensial, mereka yang memiliki biaya politik tinggi memanfaatkan situasi ini dengan memborongnya untuk bisa mendukungnya," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES