Peristiwa Daerah

Berita Duka, Guru Besar UM Prof Effendy Tutup Usia

Kamis, 10 September 2020 - 14:30 | 229.16k
Guru Besar FMIPA UM Prof. Effendy. (FOTO: Dok. UM)
Guru Besar FMIPA UM Prof. Effendy. (FOTO: Dok. UM)

TIMESINDONESIA, MALANGGuru Besar UM (Universitas Negeri Malang) Prof Effendy, Ph.D tutup usia. Dosen Jurusan Kimia FMIPA UM tersebut menghembuskan napas terakhir di usia 64 tahun.

"Iya benar. Beliau wafat Kamis 10 September 2020 pukul 08.30 WIB di Rumah Sakit dr Saiful Anwar (RSSA) Malang," kata Kasubag Humas UM, Ifa Nursanti kepada TIMES Indonesia, Kamis (10/9/2020).

FMIPA-UM.jpg

Ifa menjelaskan bahwa Prof Effendy meninggal bukan karena Covid-19. Guru Besar kelahiran Malang, 29 September 1956 tersebut meninggal karena sepsis dan multiple organ failure.

Almarhum dimakamkan hari ini pukul 11.00 WIB di Wadanpuro, Bululawang, Kabupaten Malang.

Prof Effendy merupakan ahli kristalografi yang diakui dunia. Penelitiannya tentang struktur senyawa kimia itu menjadi dasar peneliti lainnya untuk menciptakan inovasi kepentingan medis, pangan dan bioteknologi.

Ia merupakan penemu 730 senyawa koordinasi baru dari garam-garam tembaga, perak, dan logam-logam alkali dengan ligan-ligan dari unsur golongan 15.

Berkat penemuannya itu, Prof Effendy yang merupakan Guru Besar UM mendapatkan Habibie Award atas 22 tahun penelitiannya dalam sintesis dan penentuan struktur senyawa koordinasi, dengan menggunakan metode difraksi sinar X. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES