Peristiwa Daerah

Ketua Umum PP Muhammadiyah Kenang Almarhum Jakob Oetama

Rabu, 09 September 2020 - 21:45 | 29.76k
Almarhum Jakob Oetama. (Foto: Katolik new)
Almarhum Jakob Oetama. (Foto: Katolik new)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan, almarhum Jakob Oetama semasa hidupnya mengabdi penuh demi kemajuan dunia pers Indonesia.

“Saya berjumpa dan berdiskusi beberapa kali dengan Pak Jakob, dapat menimba kearifan dan kedalaman berpikir yang maqomnya melampaui insan pers tetapi menjelma sebagai tokoh bangsa yang visioner dalam kemajuan pemikiran keindonesiaan," katanya, Selasa (9/9/2020).

Haedar menceritakan, ketika sudah mulai uzur, terakhir sempat mengunjungi almarhum. Kata Haedar, memori almarhum tentang sejarah perjalanan bangsa masih kuat. Selain itu, pemikiran tentang nilai-nilai kemanusiaan utama juga sangat mengemuka.

"Bangsa Indonesia kehilangan pemikir dan tokoh kebudayaan Indonesia berwawasan melintasi. Selamat jalan JaKob Oetama,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, Jakob Oetama tutup usia pada Rabu, (9/9/2020) sekitar pukul 13:05 WIB di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta, dalam usia 88 tahun.

Almarhum akan disemayamkan di Kantor Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta dan akan dihantarkan menuju tempat peristirahatan terakhir di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis, (10/9/2020). 

Jakob Oetama awalnya berkarir menjadi seorang guru. Namun, dia kemudian memilih jalan sebagai jurnalis hingga akhirnya mendirikan media Kompas Gramedia bersama PK Ojong. Meninggalnya sosok jurnalis ini mendapat perhatian dari banyak pihak termasuk dari Ketua Umum PP Muhammadiyah (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES