Peristiwa Nasional

Peringati Haornas 2020, Ini Pesan Menpora RI Zainuddin Amali

Rabu, 09 September 2020 - 16:22 | 32.14k
Menpora RI, Zainuddin Amali saat diwawancarai oleh awak media di Jakarta (foto: Dokumen/Kemenpora RI)
Menpora RI, Zainuddin Amali saat diwawancarai oleh awak media di Jakarta (foto: Dokumen/Kemenpora RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMenpora RI Zainudin Amali mengatakan bahwa pada hakikatnya peringatan Haornas (Hari Olahraga Nasional) untuk melihat rekam jejak perjalanan olahraga tanah air. Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber acara yang ditayangkan secara langsung (live) di salah satu stasiun televisi, Rabu (9/9/2020).

"Haornas ini ke-37, kenapa tanggal 9 September, karena ini PON I dimulai tanggal 9 September 1948 di Solo sebagai momentum hari bersejarah olahraga. Peringatan tiap tahun melihat perjalanan olahraga Indonesia dari tahun ke tahun, dan mengevaluasi bagaimana pembinaan olahraga di tanah air," kata Menpora RI dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Rabu (9/9/2020).

Peringatan Haornas bertema "Semangat Haornas 2020", menjadi spesial karena dilakukan di era pandemi menuju prestasi di era new normal. Pada tahun-tahun sebelumnya, peringatan dilakukan dengan upacara dan perlombaan-perlombaan. Namun mengingat situasi pandemi, tahun ini tidak memungkinkan untuk dilakukan. 

"Kegiatan peringatan tetap dilakukan tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Untuk masyarakat tetap bergerak dan berolahraga agar tetap bugar dan sehat, daya tahan tubuh meningkat serta imunitas bagus," kata Menpora RI.

Menpora juga menyinggung tentang tiga tema yang diangkat dalam Haornas yakni: sports science, sports tourism, dan sports industry. 

"Kami di Kemenpora sadar betul bahwa sekarang ini dalam situasi yang krisis, oleh karenanya kita tidak bisa berpikir yang biasa-biasa saja, kita harus berpikir extra ordinary, tujuannya sport science untuk meningkatkan prestasi olahraga kita sekaligus kebugaran masyarakat, kemudian sports tourism dan sports industry untuk kebangkitan ekonomi nasional," kata Menpora RI, Zainuddin Amali pada peringatan Haornas 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES