Peristiwa Nasional Pilkada Serentak 2020

Pilkada Serentak 2020, Kapolda Jatim: Kita Harus Berkolaborasi

Rabu, 09 September 2020 - 15:57 | 36.42k
Kapolda Jatim, Irjen Pol M Fadil Imran saat menghadiri Apel Dansar TNI AD, Rabu (9/9/2020). (Foto : Humas Polda Jatim)
Kapolda Jatim, Irjen Pol M Fadil Imran saat menghadiri Apel Dansar TNI AD, Rabu (9/9/2020). (Foto : Humas Polda Jatim)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Menjelang Pilkada serentak 2020 banyak pihak menghawatirkan akan ada klaster baru yang akan muncul. Pada Rabu (9/9/2020) pagi, saat menghadiri Apel Dansar TNI AD di Makodam V Brawijaya, Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran mengatakan perlunya sinergitas dan solidaritas dalam konteks persoalan pilkada.

"Jadi dalam konteks persoalan yang kita hadapi. Covid-19, pilkada, gangguan kamtibmas, kita harus berkolaborasi, kita harus berkomonikasi. Fungsi deteksi atau monitoring kita harus kuat, ketika misalnya ada isu tentang covid-19, isu tenrang liga dan isu tentang penegakan hukum, maka itu akan menjadi persoalan. Ini adalah pendekatan-pendekatan penolisian moderen saat ini," ujar Fadil.

Ia mengatakan, kolaborasi bisa dilakukan oleh TNI dengan Polri di tingkar bawah, seperti Kapolsek dengan Danramil dan Dandim Dengam Kapolres untuk melakulam monitoring dan deteksi, bisa melakukam komunikasi atau sharing informasi.

"Kolaborasi dan Komunikasi serta koordknasi dalam melakuka intervensi. Karena prinsip untuk menghadapi persoalan itu tidak bisa lagi dilakukan secara sendiri-sendiri. Demikian juga persoalan yang kita hadapi itu harus berorientasi kepada pemecahan masalah," tambahnya.

Menurut Fadil, apabila ingin menjadi institusi yang baik dan dipercaya masyarakat maka harus melakukan apa-apa yang telah diharapkan masyarakat. Sesuai dengan tagline Polri yakni melindungi dan mengayomi masyarakat.

"Kita harus tampil dan hadir sebagai pelindung, pemgayom, pelayan, sahabat serta penolong masyarakat. Dalam situasi pandemi sast ini, kehadiran TNI Polri untuk memberikan pertolongan adalah suatu yang kita harapkan," tutur Fadil

Dalam kegiatan yang juga dihadiri Gubernur Khofifah itu, Kapolda Jatim menyimpulkan, kepemimpinan satuan yang unggul terpercaya dan modern ke depan adalah komandan yang mengedepankan, kolabirasi, komunikasi dan koordinasi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES