Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Sesuai Dengan Ajaran Islam

Rabu, 09 September 2020 - 13:05 | 116.79k
Ajeng Maulidia Rohma, Mahasiswa Penerima Beasiswa Muamalat, Universitas Islam Malang (UNISMA).
Ajeng Maulidia Rohma, Mahasiswa Penerima Beasiswa Muamalat, Universitas Islam Malang (UNISMA).
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Pandemi sangat berdampak terhadap kondisi mental maupun fisik seseorang. Memasuki new normal semua orang harus beradaptasi dengan kebiasaan baru. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan anak-anak tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran secara langsung disekolah. Para orang tua harus menyediakan fasilitas pembelajaran daring untuk anak anak. Namun tak semua orang dapat memenuhi fasilitas tersebut karena faktor biaya, gagal teknologi dan lain-lain. Hal tersebut membuat Ajeng Maulidia Rohma berinisiatif untuk mengajak anak-anak disekitar rumah untuk belajar bersama dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Agar anak-anak tetap dapat mengikuti pelajaran di sekolah.

Pesan Rasul kepada umatnya adalah kesehatan harus dijaga dengan baik. Karena menjaga kesehatan adalah perintah yang disampaikan Rasul, maka kita harus senantiasa menjaga tubuh kita agar tetap sehat dan bersih. Cara agar imun kita kuat adalah makan makanan yang halal dan baik yang memberi nutrisi untuk tubuh. Tidak lupa berolahraga, beribadah kepada Allah dan berdoa agar pandemi ini segera berakhir.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Selain itu ada beberapa cara yang umum dapat dilakukan semua orang untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi Covid-19 diantaranya adalah melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga ringan. Saat ini sedang trend olahraga bersepeda namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan melakukan olahraga tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang dapat menghilangkan stress.

Di era modern saat ini kita harus bijak memilah informasi yang kita dapat dari televisi, internet, maupun sosial media lainnya. Lebih baik kita membatasi waktu untuk mendengar berita tentang covid-19 secara terus menerus karena akan menimbulkan rasa cemas dalam diri kita. Bacalah informasi dari sumber yang akurat dan terpercaya. Perbanyak menjaga kebersihan dan berdoa agar virus corona segera hilang dari bumi ini.

Membuat rutinitas yang bermanfaat akan menghilangkan rasa jenuh karena aktivitas di luar rumah sangat dibatasi. Kita dapat membuka usaha jual beli online untuk menambah penghasilan selama dirumah dan menambah pengalaman baru selama tidak mengganggu kuliah dan pekerjaan lain. Terimakasih semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

*)Penulis: Ajeng Maulidia Rohma. Mahasiswa Penerima Beasiswa Muamalat, Universitas Islam Malang (UNISMA).

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES