Peristiwa

Wisatawan Meninggal Diserang Hiu di Pantai Greenmount di Coolangatta Australia

Rabu, 09 September 2020 - 14:30 | 46.56k
Pantai ditutup di sepanjang Gold Coast setelah serangan hiu. (FOTO: BBC/Getty Image)
Pantai ditutup di sepanjang Gold Coast setelah serangan hiu. (FOTO: BBC/Getty Image)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seorang agen real estate, Nick Slater, 46, diketemukan meninggal diduga diserang Hiu di Pantai Greenmount di Coolangatta, Australia, Selasa (8/9/2020).

Kasus Ini adalah kematian pertama yang terjadi sejak 60 tahun belakangan di tempat itu.

Slater waktu itu diketahui berselancar di sebelah titik Snapper Rocks, tempat yang menjadi tuan rumah kompetisi Liga Selancar Dunia pada bulan Maret lalu.

Pantai Greenmount adalah tempat berselancar yang terkenal. Seorang peselancar lainnya menemukan korban terapung di air dangkal di sebelah papannya.

Ketika peselancar itu menolongnya dengan membawa ke  tepi pantai ternyata korban sudah meninggal.

Rabu, hari ini pihak berwenang kemudian menutup sebagian pantai sepanjang 18 km (11 mil) untuk melakukan pencarian hiu dengan menggunakan helikopter dan jetski.

"Setelah kami tahu bahwa hiu tidak ada di sekitar atau kami telah melacaknya, maka pantai akan dibuka kembali," kata Wali Kota, Tom Tate seperti dilansir di BBC.

Tom Kate mengatakan, kasus ini adalah kematian hiu pertama di pantai Gold Coast sejak 1958, dan saat ini pihak berwenang masih melakukan penyelidikan.

Seorang saksi mengatakan kepada surat kabar Courier Mail bahwa kaki bagian atas Slater telah digigit, dan "hampir semuanya diambil".

Seorang peselancar yang memberikan bantuan, Jade Parker juga menambahkan, ada bekas gigitan yang besar di papan selanacar milik Slater.

Bekas gigitan di papan selancar itu membentuk setengah lingkaran seukuran bola basket dan ada gigi hiu yang masih tersangkut di papan selancar yang terbuat dari fiberglass itu.

Gold Coast adalah salah satu tujuan wisata paling terkenal di Australia, populer dengan pantai pasir putihnya yang panjang, area selancar dan jalur perairan pedalaman.

Sejak 1960-an, pantai ini juga telah dilindungi dengan jaring hiu dan tali drum serta kait berumpan yang digantung di bawah air, karena itu serangan hiu jarang terjadi.

Serangan hiu di Gold Coast pernah terjadi pada tahun 2003, dan insiden itu terjadi di daratan di kanal-kanal luas yang terhubung ke laut.

Kematian Slater adalah serangan fatal keenam oleh hiu di Australia tahun ini, dengan sebagian besar terjadi di sepanjang pantai timur negara itu. Pada bulan Juni lalu, dua peselancar diserang secara fatal dalam insiden terpisah di dekat utara New South Wales.

Nick Slater, 46, agen real estate yang diserang Hiu di Pantai Greenmount di Coolangatta, adalah korban ke enam dalam tahun ini di Australia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES