Peristiwa Daerah

Cegah Penyebaran Covid-19, Tim Gabungan Gelar Operasi Penegakan Disiplin

Rabu, 09 September 2020 - 13:40 | 21.72k
 Personel gabungan saat melakukan Gatiblin di kawasan Pasar Dempo Permai dalam rangka mengedukasi masyarakat terhadap penularan Covid-19 (Foto: Asnadi/ TIMES Indonesia)
Personel gabungan saat melakukan Gatiblin di kawasan Pasar Dempo Permai dalam rangka mengedukasi masyarakat terhadap penularan Covid-19 (Foto: Asnadi/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, personel tim gabungan TNI/Polri, Satuan Pamong Praja (Satpol-PP) dan Dinas Perhubungan serta Satgas Covid-19 Kota Pagaralam Sumatera Selatan melaksanakan kegiatan penegakan disiplin Protokol Kesehatan (Protkes).

Informasi yang dihimpun, kegiatan diawali dengan apel gabungan di Pasar Dempo Permai kemarin, dipimpin Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara SIK MH diwakili Kabag Ops Polres Pagaralam, Kompol B Telaumbanua.

“Kegiatan dilakukan mengamanati Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease,” kata Kapolres, Rabu (9/9/2020).

Kegiatan ini digelar seiring dengan terus meningkatnya kasus positif virus corona di Indonesia, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan. Pada operasi Gatiblin, personel gabungan menyampaikan imbauan dengan menyisiri kawasan Pasar Dempo Permai. Terpantau, petugas menggunakan alat pengeras suara.

Tidak hanya itu, peringatan tegas juga melakukan kepada pengemudi kendaraan yang melintas tak menggunakan maskes di stop. “Pengendara tak gunakan masker kita stop dan kita diberikan imbauan agar menggunakan masker jika melakukan aktifitas keluar rumah. Selanjutnya mereka diberikan masker,” ungkap Kabag Ops.

Gatiblin ini sebutnya bertujuan guna memberikan penekanan terkait kepatuhan, kedisiplinan serta kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjalankan anjuran protokol kesehatan dengan tetap memakai masker.

“Penularan virus corona ini belum berakhir. Kita harus dapat beradaptasi dimasa pandemi ini dengan cara merubah pola hidup sehat dengan memakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak,” imbuhnya.

Sementara, pantauan di lapangan, tak sedikit warga yang berlalu lalang di kawasan umum seperti di pasar, hajatan, atau tempat publik lainnnya justru tak lagi menggunakan masker. Pemandangan seperti ini terkesan, masyarakat sudah mulai mengabaikan protkes kesehatan mengenai pencegahan Covid-19.

“Seharusnya pemerintah melalui pihak terkait kembali menegaskan dan menysosialiasikan penegakan disipilin protkes di tengah penerapan new normal sekarang. Masyarakat pelu diedukasi lagi, untuk tidak lengah terhadap penularan Covid 19,” ujar Willy, salahsatu warga Kota Pagaralam yang prihatin dengan mulai kendornya penggunaan masker. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES