Peristiwa Daerah

Sulut Bakal Miliki Laboratorium Biomolekuler Terbesar di Indonesia Timur

Rabu, 09 September 2020 - 11:46 | 70.13k
Gambar Bangunan Laboratorium Biomolekuler, Rabu (09/09/2020). (Foto : tangkapan layar)
Gambar Bangunan Laboratorium Biomolekuler, Rabu (09/09/2020). (Foto : tangkapan layar)

TIMESINDONESIA, MANADO – Berkat terobosan Gubernur Olly Dondokambey SE, Sulawesi Utara dalam waktu dekat memiliki Laboratorium Biomolekuler Berstandar Biosafety Level 2 Plus WHO terbesar se - Indonesia Timur. Laboratorium ini mampu memeriksa sebanyak 1.000 sampel per - hari.

Inilah bentuk komitmen Gubernur Sulawesi Utara untuk mempercepat penanganan pandemi Covid - 19 di Sulawesi Utara (Sulut).

Kadis Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Utara Steve Kepel mengatakan, laboratoirum ini akan berlokasi di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), dan tidak hanya dapat memeriksa sampel Covid - 19 saja.

"Tapi untuk pemeriksaan Biomolekuler lainnya seperti, kanker, penanda tumor dan lainnya," ujar Steve Kepel di Manado, Rabu (09/09/2020).

"Laboratorium ini memilik luasan dan jumlah ruangan terlengkap se - Indonesia Timur serta memiliki SDM yang tersertfikasi Internasional dan di akui oleh CDC US dan WHO," ungkapnya.

Terkait pengoperasian perdana laboratorium, Kepel memastikan laboratorium siap digunakan setelah peralatan yang dikirim dari Jakarta tiba di Manado.

"Peralatan untuk Laboratorium Biomolekuler dikirim dari Jakarta. Nanti kalau sudah diterima tentunya laboratorium siap diresmikan penggunaannya," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES