Kopi TIMES

Sekolah Muhammadiyah DKI Menjawab Tantangan Masa Pandemi 

Selasa, 08 September 2020 - 18:31 | 60.42k
Muhammad Ridwan, penulis adalah ketua MKKSM DKI Jakarta, Kepala SMA Muhammadiyah 5, Tebet- jakarta.
Muhammad Ridwan, penulis adalah ketua MKKSM DKI Jakarta, Kepala SMA Muhammadiyah 5, Tebet- jakarta.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masa pandemi Covid- 19 telah menjadi ujian berat bagi seluruh sisi kehidupan manusia. Termasuk di dalamnya dunia pendidikan, seluruh anak bangsa yang seharusnya bisa berkumpul di sekolah untuk belajar dan bersosialisasi, mengembangkan bakat dan minat, berkreatifitas serta mengembangkan life skill dan soft skill mereka, terpaksa harus dilakukan di rumah melalui pembelajaran online/ daring.

Begitupula para pendidik yang biasanya mengeksplorasi kemampuan mengajarnya melalui tatap muka juga harus mematuhi aturan protokol kesehatan dalam rangka menjaga agar seluruh warga sekolah selalu sehat dan tak terpapar dan akhirnya Pembelajaran Jarak jauh menjadi pilihan utama dengan berbagai tantangannya.

Disisi lain hadirnya virus corona memberi pengalaman berharga bagi semuanya untuk belajar lebih serius dalam penguasaan teknologi yang berkaitan dengan media pembelajaran, baik peserta didik atau pun guru mau tidak mau semua harus belajar cepat menanggapi situasi dan tantangan yang ada didepan mata, disatu sisi harus mulai belajar menguasai teknologi disisi lain harus tetap bisa mengajar dengan kreatif, menyenangkan dan tetap menginspirasi.

Kita semua tahu bahwa di awal masa  pandemi, PJJ dan penguasaan teknologi pengajaran terasa banyak masalah, baik masalah jaringan internet dan juga cara guru dalam mengajar yang kerap membosankan dengan pembelajaran dari tugas yang satu ke tugas yang lainnya, namun seiring waktu berjalan semua mulai menyesuaikan ditambah kebijakan pemerintah yang saat ini membantu kuota siswa untuk pembelajaran.

Alhamdulillah dari seluruh sekolah Muhammadiyah di DKI Jakarta di bawah naungan dan pembinaan Majelis dikdasmennya sekitar 98 sekolah yang tersebar di Jakarta selalu siap menjawab tantangan yang ada, melalui pelatihan pelatihan yang selalu diberikan kepada para kepala sekolah dan juga guru gurunya sehingga  selalu siap update dan upgrade. Alhamdulillah  berkat pembinaan Majelis yang di komandani oleh Drs.H.Diding Zainudin.MM dan Dr Gufron Amirullah.M.Pd sekolah Muhammadiyah DKI tetap eksis menjawab tantangan.

Sehingga tak salah jika di PPDB tahun ini Alhamdulillah sekolah Muhammadiyah tetap mendapatkan kepercayaan yang luar biasa dari masyarakat untuk membina putra putri mereka.

Terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mendidik dan membina putra putrinya menjadi generasi salih salihah dan memiliki kemampuan bersaing dalam hidang akademik. Wallahu alam. 

***

*)Oleh: Muhammad Ridwan, penulis adalah ketua MKKSM DKI Jakarta, Kepala SMA Muhammadiyah 5, Tebet- jakarta.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES