Pendidikan

Mahasiswa KPM Unipdu Jombang Ajarkan Warga Mengolah Eceng Gondok untuk Kerajinan

Rabu, 09 September 2020 - 11:04 | 107.83k
Pelatihan membuat kerajinan tangan dari eceng gondok oleh mahasiswa KPM Mandiri Unipdu Jombang di Tugusumberjo, Jombang (Rohmadi/TIMES Indonesia)
Pelatihan membuat kerajinan tangan dari eceng gondok oleh mahasiswa KPM Mandiri Unipdu Jombang di Tugusumberjo, Jombang (Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Warga di Desa Tugusumberjo, Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang, Jawa Timur kerap mengeluh mengenai sungai yang dipenuhi eceng gondok sehingga menyumbat saluran irigasi. Namun keluhan tersebut kini hilang setelah kehadiran mahasiswa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu Jombang) yang melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat Mandiri (KPMM).

Mahasiswa Unipdu berhasil memanfaatkan enceng gondok untuk menjadi kerajinan bernilai tinggi.

kerajinan-tangan-2.jpg

Muhammad Baharudin Yusuf, yang menjadi koordinator KPMM mengatakan, setelah mendengar keluhan warga, ia dan dua rekannya Nurul Malikhatun Nisa' dan  M.Riza Fanani mencari informasi di google mengenai cara pemanfaatan enceng gondok.

"Kami searching di google dan kita pelajari dari proses dan cara-caranya pembuatan kerajinan tersebut," katanya.

Mereka bersama warga  langsung praktik. Eceng gondok diambil yang tua kemudian dibersihkan lalu dikeringkan kurang lebih satu minggu. Setelah itu dilembabkan agar teksturnya bisa lentur dan tidak mudah patah saat dianyam nantinya.

"Ada beberapa kerajinan yang bisa dimanfaatkan dari tumbuhan eceng gondok seperti tikar, tas, sandal, gelang dan paling mudah membuat konektor untuk masker bagi yang berhijab tinggal diklabang kayak nglabang rambut," bebernya.

kerajinan-tangan-3.jpg

Bahar berharap, pelatihan dan edukasi pemanfaatan tumbuhan eceng gondok menjadi kerajinan tangan bisa menambah penghasilan warga.

"Harapannya ibu-ibu bisa membuat kerajinan dan lebih-lebih bisa sebagai UMKM unggulan di desa ini," ucapnya.

Siti Fatimah (50), salah satu peserta dalam pelatihan membuat kerajinan dari eceng gondok mengatakan, selain mendapat ilmu baru mengenai pemanfaatan enceng gondok,  ibu-ibu di rumah juga punya kegiatan yang positif.

"Semoga dari pemerintah desa bisa memberi bantuan untuk pengelolaan eceng gondok ini dan menjadi salah satu UMKM unggulan baru dari desa kami," harapnya mengenai pelatihan pemanfaatan tumbuhan eceng gondok oleh mahasiswa Unipdu Jombang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES