Gaya Hidup

7 Makna Musik Album Alphabetic Mr D One Finger

Rabu, 09 September 2020 - 10:20 | 94.32k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, JAKARTAAlbum Alphabetic karya Doddy Hernanto atau yang dikenal Mr D One Finger, dirilis hari ini. Album ini berisikan tujuh pesan kehidupan. Mr D mengungkapkan bahwa karya terbaru ini terinspirasi dari sosok RMP Sosrokartono. Kakak kandung RA Kartini tersebut membumikan keteladanannya kepada masyarakat luas.

Melalui karya tembang lagu jawa Sugih Tanpo Bondo, Sosrokartono menyiratkan bahwa sebagai manusia harus bisa mengontrol diri agar dapat menjadi manusia yang berbudi luhur.

Mr D menjelaskan tentang tujuh musik yang terdapat dalam album Alphabetic. Menurutnya, tujuh lagu telah mewakili angka tujuh.

’’Dalam Jawa, 7 (pitu) itu bagus. Pitulungan. Saling menolong. Begitupun dalam Islam. Angka ganjil juga bagus,” tuturnya.

Berikut isi album Alphabetic Mr D One Finger

1. ABC (Always Be Calm)

Tetap tenang. Dalam musik ini, Mr D One Finger menyampaikan bahwa Chris Beckley ikut ambil bagian sebagai  lead gitaris asal America. Ada sentuhan yang berbeda pada perilisan kali ini. Ia menyebutkan musik ABC pada iTunes punya unsur humming.

2. DEF (Don’t Ever Fear)

Jangan takut. Melalui lagu kedua ini, Mr D One Finger ingin mengimbau agar masyarakat tidak takut dan tetap semangat menjalani hari demi hari. Termasuk saat menjalani kehidupan meski ada ancaman penyakit yang mematikan.

3. GHI (Give Her Intererst)

Berikan ketertarikan padanya. Her yang dimaksudkan disini yakni Ibu Pertiwi. Mr D One Finger menyampaikan bahwa keadaan saat ini memang kian sulit. Maka,  Berilah hal-hal yg menarik dan Doddy ingin mengingatkan semua orang agar tetap peduli pada sesama.

4. JKL (Just Keep Loving)

Tetap jaga cinta. Doddy ingin para pendengar musiknya untuk tetap saling menyayangi antar umat manusia, hewan, dan tumbuhan. Intinya semesta perlu dijaga dan dicintai. Menurutnya, dengan saling membagi cinta itu, kita bisa saling mengingatkan.

5. MNO (Move No Over)

Dalam lagu kelima ini, Mr D menjelaskan bahwa manusia boleh saling membantu, saling peduli, dan tetap bergerak maju menolong orang lain. Tetapi, no over. Jangan berlebihan. Karena, sesuatu yang berlebihan itu kan nggak baik. Ia mencontohkan profesi Dokter. Ia berpesan dokter sendiri juga harus memperhatikan kesehatan mereka.

6. PQR (Please Quit Running)

Berhenti lari. Melalui lagu ini

Doddy meminta masyarakat untuk berhenti lari dari kenyataan. Ia menilai apa pun kondisi dan permasalahannya, harus tetap dihadapi bersama-sama. Bukan saling lari, tidak peduli atau pun saling menyalahkan.

7. STU (Say To Us)

Sebarkan pada kami. Seluruh pesan lagu-lagu itu harus disebarkan. Dalam lagu ketujuh ini, Mr D meminta masyarakat untuk menyampaikan pesan pada saudara-saudara kita. Katakan pada keluarga maupun sahabat.

Seluruh petikan gitar dalam album Alphabetic ini dimainkan dengan teknik bermain gitar satu jari ciptaannya. Juga menggunakan gitar gawai karyanya.

Tak hanya itu, pada album ini ada narasi asmaul husna yang terdengar saat musik diputar. Tetapi musiknya tetap sama.

“Tapi harus pakai headset kalau mau dengar asmaul husna. Kalau pakai speaker aktif tidak seberapa kentara,” ungkap pria yang piawai membuat sketsa bergerak itu.

Album Alphabetic yang berisi 7 musik ciptaan Mr D One Finger itu bisa dinikmati di media sosialnya IG:@mrd.onefinger.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES