Entertainment

Terinspirasi Sosok Sosrokartono, Mr D One Finger Rilis Album Alphabetic

Rabu, 09 September 2020 - 09:23 | 85.16k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, JAKARTAAlbum Alphabetic karya Doddy Hernanto atau yang dikenal Mr D One Finger, dirilis hari ini. Album ini berisikan makna kehidupan yang diciptakan pria kelahiran Mojokerto ini. Album terbaru Mr D ini berisikan tujuh lagu yang menggambarkan tentang pesannya, terhadap kondisi sosial di Indonesia.

Setiap narasi dari musiknya mendorong masyarakat agar tetap semangat dan berhati-hati menjalani hidup, terutama  di tengah pandemi Covid-19.

Meski sempat terbengkalai karena kesibukannya, kondisi pandemi Covid-19 justru membuatnya semakin kreatif.

’’Album ini sempat terbengkalai hampir 5 tahun. Lagu pertama, ABC, rilis pada 2015, dan baru kembali digarap tahun 2018 hingga selesai tahun ini,’’ kata Doddy pada TIMES Indonesia.

Mr D One Finger mengungkapkan bahwa karya terbaru ini terinspirasi dari sosok RMP Sosrokartono. Kakak kandung RA Kartini tersebut membumikan keteladanannya kepada masyarakat luas. Melalui karya tembang lagu jawa Sugih Tanpo Bondo, Sosrokartono menyiratkan bahwa sebagai manusia harus bisa mengontrol diri agar dapat menjadi manusia yang berbudi luhur.

"Tembang Jawa Sugih Tanpo Bondo memiliki makna yang dalam, dan itulah yang menginspirasi saya dalam menuliskan album baru ini," kata Mr D.

Salah satu judul lagu dalam album Alphabetic ialah ABC. Lagu tersebut merupakan akronim dari  Always Be Calm. Melalui lagu itu, Doddy ingin masyarakat tetap tenang menghadapi Covid-19.

"Jangan panik, jangan pula lantas menyebar berita yang tidak baik. Meskipun sudah masuk iTunes pada 2015, narasi lagu tersebut masih tetap relevan dengan kondisi masyarakat seperti sekarang ini," jelasnya.

Ia pun menjelaskan tentang tujuh musik yang terdapat dalam album Alphabetic. Menurutnya, tujuh lagu telah mewakili angka tujuh.

’’Dalam Jawa, 7 (pitu) itu bagus. Pitulungan. Saling menolong. Begitupun dalam Islam. Angka ganjil juga bagus,” tutur Doddy

Semua masyarakat bisa mendengarkan album ini secara gratis. Alphabetic memang tidak dikomersilkan sampai ke seluruh elemen.

“Keadaan sedang sulit. Kalau dimasukan platform musik kan berbayar. Takut tidak menjangkau semua masyarakat. Apalagi kondisi seperti ini. Ada saatnya seni harus berbayar ada saat seni harus gratis,” ujar Doddy.

Nantinya, Album Alphabetic yang berisi 7 musik ciptaan Mr D One Finger itu bisa dinikmati di media sosialnya IG:@mrd.onefinger. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES