Peristiwa Daerah

Perwira Pertamina Semangat Berbagi di Masa Pandemi

Selasa, 08 September 2020 - 22:33 | 28.49k
 Acara donor darah Pertamina di Gedung Kantor Pertamina MOR V Jagir, Surabaya, Selasa (8/9/2020). (Foto: Dok.Pertamina)
Acara donor darah Pertamina di Gedung Kantor Pertamina MOR V Jagir, Surabaya, Selasa (8/9/2020). (Foto: Dok.Pertamina)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus kembali mengajak para karyawan yang lekat dengan sebutan Perwira Pertamina untuk berbagi dalam giat donor darah mulai Selasa (8/9) dan Rabu (9/9/2020) di Gedung Kantor Pertamina MOR V Jagir, Surabaya.

Kegiatan donor darah dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian sosial Pertamina terhadap sesama, terutama di masa pandemi.

Donor-Darah-Pertamina-2.jpg

General Manager Pertamina MOR V, C.D. Sasongko mengatakan bahwa aksi sosial donor darah ini dilakukan secara periodik dalam setiap tahun, biasanya setiap tiga bulan sekali.

Namun di masa pandemi ini, ada kekhawatiran yang timbul dari calon pendonor terkait keamanan dari paparan Covid-19 pada saat transfusi dilakukan, hal ini terlihat dari turunnya angka pendonor darah hingga 60 persen selama pandemi di Provinsi Jawa Timur.

"Kegiatan Donor darah bagi Perwira Pertamina ini diinisiasi oleh Fungsi Medical Pertamina MOR V bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Surabaya, tentunya seluruh personil dan calon pendonor yang terlibat pada kegiatan donor ini sudah lolos penapisan (screening) non reaktif melalui rapid test," ujar Sasongko.

Selain penapisan yang dilakukan, protokol kesehatan juga diterapkan secara ketat dalam kegiatan ini, mulai dari penggantian alas duduk dan alas tidur untuk setiap calon pendonor, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) terstandar, masker, shower cap, dan hazmat bagi personil transfusi. Selain itu dengan tetap menjaga jarak, dan wajib mencuci tangan sepanjang proses donor dilakukan.

Donor-Darah-Pertamina-3.jpg

Dalam kegiatan donor darah kali ini, terkumpul 70 kantong darah dari 64 orang pendonor. Hasil ini masih sesuai target panitia pelaksana yaitu 165 kantong dalam dua hari pelaksanaan, namun panitia tetap menyiapkan kantong darah yang lebih dari jumlah target awal.

Jumlah yang dicapai hari ini diharapkan dapat berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan darah di Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur yang mengejar kebutuhan  jumlah kantong darah setidaknya 2 persen dari total jumlah penduduk di Jawa Timur setiap tahun nya.

Dalam kegiatan Donor darah ini, tidak hanya diikuti oleh para Perwira dan mitra kerja, tetapi juga GM Pertamina MOR V beserta Team Management.

"Setelah dibuka pagi tadi, GM dan hampir seluruh Team Management juga turut hadir dan ikut serta dalam mendonorkan darahnya," ujar dr. Siti Arum Alia, Area Manager Medical Pertamina MOR V, yang bertugas pada kegiatan hari ini.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian serta mengurangi kekhawatiran untuk berbagi para pemdonor untuk membantu sesama.

"Semoga antusiasme para Perwira dan mitra kerja tidak surut dan kegiatan ini akan terus dilaksanakan dan mungkin cakupan wilayahnya akan ditambah lagi dengan memberikan kesempatan lebih banyak lagi peserta," tutur dr. Arum mengenai donor darah yang digelar Pertamina MOR V. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES