Peristiwa Daerah

BNN Kota Batu: Covid-19 Bisa Menyulut Keinginan Penyalahgunaan Narkoba

Selasa, 08 September 2020 - 22:56 | 58.79k
Penyuluhan online yang dilaksanakan oleh BNN Kota Batu menyasar anak-anak muda. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/ TIMES Indonesia)
Penyuluhan online yang dilaksanakan oleh BNN Kota Batu menyasar anak-anak muda. (Foto: Muhammad Dhani Rahman/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Pandemi Covid-19 ternyata tidak hanya membuat was-was akan tertular penyakit mematikan ini, namun juga bisa menyulut keinginan penyalahgunaan narkoba untuk ‘mematikan’ keresahan.

Agar hal itu tidak terjadi, perlu adanya upaya untuk menjaga kesehatan mental di tengah Pandemi Covid-19. Hal ini menjadi perbincangan hangat dalam penyuluhan online lewat instagram yang dilakukan BNN Kota Batu.

Konselor BNN Kota Batu, Novita Putri SPsi MM menjelaskan kepada peserta yang kebanyakan anak muda, bahwa dalam kondisi seperti saat ini yang harus dilakukan adalah selalu berpikir positif. Hal ini penting untuk membentengi diri dari penyakit dan penyalahgunaan narkoba.

“Mengingat dimasa pandemi ini banyak dampak yang dialami termasuk ekonomi, sosial dan terutama psikis. Ketika kita tidak berpikir positif, maka rentan menurunkan imun akhirnya bisa menyebabkan sakit,” ujar Novita.

BNN Kota Batu a

Selain itu, ketika tidak berpikir positif, akan timbul rasa cemas, merasa kurang dalam dirinya. Ketika ada hal yang tidak bisa dicapai, terjadilah overthinking sehingga akhirnya mental atau psikologis menjadi kurang sehat.

Karena itu, menurut Novita, yang perlu dilakukan adalah menumbuhkan ketahanan diri dalam menjaga pola pikir, cara pandang dalam menghadapi suatu masalah, menilai suatu masalah atau hal lain dalam kehidupan, pengambilan keputusan dalam kehidupan khususnya di masa pandemi. Ada kecenderungan merasa menyalahkan diri sendiri.

Dalam kondisi saat ini, perlu membangun pikiran positif yang membangun. Menjadi tantangan dalam diri sendiri. Jika diri resah, maka seseorang menjadi sangat rentan menjadi korban narkoba.

Karena itu BNN Kota Batu selama pandemi Covid-19, upaya pencegahan dan pemberdayaan serta budaya hidup 100 persen semakin digalakkan supaya masyarakat jangan sampai jadi korban.

“Jangan sampai kondisi saat ini yang sudah sulit menghadapi pandemi, bertambah sulit karena menyalahgunakan narkoba,” ujarnya.

Hal senada dikemukakan oleh Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Batu, Kompol Edi HK. Ia mengatakan selama Pandemi Covid-19, pihaknya semakin gencar mengadakan penyuluhan online melalui beragam media.

“Kegiatan tersebut adalah upaya penyampaian informasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang perlunya membangun ketahanan diri di masa Pandemi Covid-19 ini. Masyarakat harus melawan kondisi ini  dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif agar masyarakat dapat terhindar dari jahatnya narkoba maupun Covid-19,” kata Edi HK.

Saat ini menurut Edi, langkah-langkah strategis dari ilmu terapan psikologis sangat dibutuhkan masyarakat agar masyarakat punya semangat dalam menghadapi pandemi Covid-19 serta mampu menolak terhadap jahatnya narkoba.

“Penyuluhan online menjadi sarana ternyaman dan teraman di masa pandemi, terlebih melihat hasil pemantauan dan monitoring serta penyelidikan bahwa di masa pandemi upaya penyalahgunaan dan peredaran narkoba semakin perlu perhatian khusus, kesiapsiagaan personil di lapangan dan kemampuan daya cegah dan tolak masyarakat adalah senjata ampuh untuk menekan penyalahgunaan narkoba dan peredaran narkoba di kota kita ini,” ujar Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Batu, Kompol Edi HK. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES