Pendidikan

Tak Ada Sinyal, Pelajar Belajar Dusun Tanjung Keling Harus Naiki Bukit

Selasa, 08 September 2020 - 21:37 | 43.41k
Warga Dusun Tanjung Keling membuat pondok-pondokan sebagai tempat anak mereka belajar jarak jauh  (Foto: Ist Warga)
Warga Dusun Tanjung Keling membuat pondok-pondokan sebagai tempat anak mereka belajar jarak jauh (Foto: Ist Warga)

TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Sinyal telepon seluler nyaris tak ada mengharuskan para pelajar di Dusun Tanjung Keling, Kelurahan Burung Dinang, Kecamatan Dempo Utara, Pemerintah Kota Pagaralam, pergi ke atas bukit. Tanpa adanya sinyal, para siswa Dusun Tanjung Keling pun tidak bisa belajar jarak jauh (BJJ) dengan sistem daring.

Bukit itu tak terlampau jauh dari Dusun Tanjung Keling. Dekat dengan air Terjun Pintu Langit. Di pinggir jalan penghubung Tanjung Keling-Talang Darat. Kawasan ini memang berbukit-bukit.

Aktivitas para pelajar itu memantik perhatian warga Dusun Tanjung Keling. Pada Jumat (4/9/2020) lalu, mereka bergotong royong membuat pondok-pondokan di bukit yang biasa jadi tempat pelajar mencari sinyal.

“Warga melakukan itu semua secara swadaya,” ujar Lurah Burung Dinang, Franses Jhoniko SE dihubungi Selasa (8/9/2020)

Iko menyampaikan warga di sana prihatin dengan aktivitas para pelajar yang mesti belajar di luar runah. Maka, pondokan itu diharapkan dapat jadi peneduh bagi pelajar. Iko pun mengapresiasi langkah warganya ini.

“Ketika mereka melapor akan melaksanakan  gotong-royong, saya langsung berikan izin,” ucap Iko.

Sinyal telepon seluler memang jadi persoalan di Dusun Tanjung Keling. Ketiadaan sinyal di dusun ini menghambat komunikasi. Bukan hanya untuk akses BJJ saja. “Kadang ada, kadang hilang,” ujar Fitra, seorang petani di Dusun Tanjung Keling.

Itulah sebabnya, ketika akan menyampaikan undangan rapat untuk RT dan RW di Tanjung Keling, pihak Kelurahan Burung Dinang tak menggunakan SMS, ataupun telpon. “Undangan langsung kami bawa ke dusun atau menitipkan pesan kepada warga yang akan ke Tanjung Keling,” kata Iko. 

Dihubungi terpisah, Camat Dempo Utara Arjanggi Priatna Hutama SSTP MAP mengatakan, pihak terkait sudah mensurvei Dusun Tanjung Keling. Ini untuk melihat kemungkinan untuk pembangunan tower seluler di sana di sekitar Dusun Tanjung Keling. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES