Politik Pilkada Serentak 2020

Deteksi Potensi Konflik Pilkada, Korem 044/Gapo Gelar Diskusi

Selasa, 08 September 2020 - 19:54 | 27.51k
Suasana Diskusi Korem 044/Gapo (Foto : Rochman/TIMES Indonesia)
Suasana Diskusi Korem 044/Gapo (Foto : Rochman/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Komandan Korem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji mengatakan untuk mengatasi konflik pilkada, membutuhkan peran seluruh Komponen masyarakat dan pemerintah dalam mengantisipasi dan mengatasi ancaman, gangguan dan hambatan dan tantangan (AGHT) guna mencegah konflik sosial.

"Walaupun Sumatera Selatan telah Zero konflik tetap perlu kewaspadaan sejak dini apalagi dalam situasi kekinian seperti pilkada serentak 2020 ditengah Covid-19 yang membutuhkan antisipasi," ungkap Jauhari Agus Suraji dalam diskusi yang digelar Korem 044/Gapo, Selasa (8/9/2020).

Suasana Diskusi Korem b

Diskusi Korem 044/Gapo ini menghadirkan nasumber Ketua KPU.Sumsel Dra Kelly Mariana dan Kepala Kesbang Pol Provinsi Sumsel yang diwakili oleh M Ali Amin serta dipandu oleh moderator Jurnalis TIMES Indonesia Fatkurohman, S Sos atau yang lebih dikenal disapa Bung FK.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana dalam pemaparan menjelaskan di tengah Covid-19, KPU sudah berusaha melakukan tahapan dengan menerapkan protokol kesehatan. Termasuk saat pendaftaran KPU di daerah yang melaksanakan pilkada sudah menerapkan standar protokol kesehatan dan menghimbau tidak melakukan arak-arakan.

"Saya sudah mendengar di Sumsel ada paslon yang mendapat teguran dari Mendagri karena arak-arakan yang melanggar protokol Covid-19, namun saat pendaftaraan di sekretariat KPU mereka tetap mematuhi protokol Covid-19 yang sudah diterapkan," tegas Alumni FISIP Unsri ini.

Suasana Diskusi Korem c

Lanjut Kelly, saat kampanye juga, nantinya tidak diperbolehkan kampanye akbar yang menghadirkan massa banyak di lapangan. "Ini dilakukan agar pilkada tidak menimbulkan masalah baru terutama terkait masalah pandemi Covid-19," ujarnya.

Sementara, Kepala Kebangpol Provinsi yang diwakili M Ali Amin, S Pd, M Si mengatakan Sumatera Selatan sudah zero konflik sejak 2015 lalu bahkan mendapatkan penghargaan. Namun potensi tetap ada terutama terkait hajatan politik.

"Deteksi dini serta kewaspadaan perlu dilakukan agar tidak terhindarkan permasalahan konflik pilkada. Kita selalu koordinasi dalam naungan peran dan fungsi kesbangpol untuk mencegah hal tersebut," kata M Ali Amin dalam diskusi yang digelar Korem 044/Gapo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : Palembang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES