Peristiwa Nasional

Prof Abdul Malik Fadjar Sosok Guru dan Teladan Bagi Muhadjir Effendy

Selasa, 08 September 2020 - 19:14 | 85.65k
Menko PMK Muhadjir Effendy mengaku sangat kehilangan sosok Prof Abdul Malik Fadjar. (foto: kompas/KRISTIANTO PURNOMO)
Menko PMK Muhadjir Effendy mengaku sangat kehilangan sosok Prof Abdul Malik Fadjar. (foto: kompas/KRISTIANTO PURNOMO)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengaku sangat kehilangan sosok Prof Abdul Malik Fadjar.  Prof Malik Fadjar merupakan sosok guru di pemerintahan itu.

"Innalilillahi wa innailaihi rajiun. Turut berdukacita atas wafatnya guru saya, senior saya Prof. H. Abdul Malik Fadjar," kata dia, dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Selasa (8/9/2020).

Bagi Muhadjir, Abdul Malik merupakan mentor, senior, sekaligus tokoh panutan saat menjabat di pemerintahan. Menurutnya, jabatan Abdul Malik dengan yang saat ini dijabat memang mirip. Semasa hidupnya, Malik sempat berkiprah sebagai Menteri Pendidikan dan Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, yang kini berubah menjadi Menko PMK. Keduanya pun pernah dijabat Muhadjir. 

Tak hanya itu, Muhadjir juga mengaku mengenal baik Malik semenjak di Persyarikatan Muhammadiyah.

"Saya mengenal baik Prof Malik. Beliau adalah tokoh senior yang telah lama berkiprah di Muhammadiyah. Beliau juga ikut andil dalam pemerintahan, pendahulu saya sebagai Mendiknas dan Menkokesra. Saya banyak belajar dari kiprah kepemimpinan beliau," katanya.

Muhadjir pun mengaku sangat kehilangan, atas kepergian dari Prof Malik Fadjar.

"Saya amat merasa kehilangan. Semoga beliau ditempatkan di sisi Allah Subhanahu Wata'ala di tempat yang terbaik," lanjut Muhadjir.

Sebagai informasi Prof Abdul Malik Fadjar telah malang melintang di pemerintahan sejak Era Reformasi. Dia pernah menjabat sebagai Menteri Agama, Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, dan terakhir menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI di era Presiden Joko Widodo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES