Peristiwa Daerah

Kontestan Positif Covid-19, KPU Sidoarjo: Pilbup Tetap Berjalan

Selasa, 08 September 2020 - 19:23 | 30.24k
Ketua KPU Sidoarjo,  M.Iskak (foto: rudi/TIMES Indonesia)
Ketua KPU Sidoarjo, M.Iskak (foto: rudi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Meski ada salah satu kontestan Pilbup Sidoarjo yaitu cawabup yang terpapar Covid -19. KPU Sidoarjo menyatakan bahwa tahapan pilkada terus berjalan sesuai jadwal.

Ketua KPU Sidoarjo, M Iskak menjelaskan, status terpapar Virus Corona, tidak menggugurkan syarat pencalonan. Namun, cawabup tersebut diharuskan untuk melakukan isolasi mandiri selama 10-12 hari, sebelum dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya yaitu pemeriksaan kesehatan.

"Karena sifatnya satu paket, maka pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati tersebut, belum bisa melanjutkan tahapan pemeriksaan kesehatan," jelas M.Iskak.

Menurutnya, calon bupati (cabup) dan cawabup tersebut bisa melakukan tahapan berikutnya, setelah hasil uji swab selanjutnya menunjukkan negatif. Lalu bagaimana jika setelah isolasi mandiri dan hasilnya masih positif? Iskak memastikan akan menunggu calon di Pilbup Sidoarjo tersebut benar-benar sembuh dari Covid-19.

"Ya kita akan tunggu sampai yang bersangkutan benar-benar negatif, baru bisa dilakukan tahapan pemeriksaan kesehatan," terang Iskak.

Dengan kejadian ini, apakah tahapan Pilkada Sidoarjo terhambat ?

“Tidak, dua paslon yang lain, hari ini melakukan tahapan selanjutnya yaitu pemeriksaan kesehatan. Makanya kemungkinan nanti ada tahapan yang berbeda. Satu tahapan normal yang dilakukan oleh dua pasangan calon. Dan satu tahapan yang khusus dibuat untuk yang salah satunya terindikasi positif," sambungnya.

Pada tanggal 24 September 2020 mendatang, akan dilaksanakan pengundian nomor urut paslon. "Bila yang bersangkutan belum sehat, maka pengundian hanya akan diikuti oleh dua paslon Pilbup Sidoarjo saja. Sedangkan satu paslon lainnya menyusul,” jelas Ketua KPU Sidoarjo.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Sidoarjo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES