Peristiwa Daerah

Tsaltsa, Wakil Kaltim di Grand Final Lomba Bertutur Perpusnas RI Tingkat Nasional

Selasa, 08 September 2020 - 19:19 | 54.41k
Tsaltsa Anin Nur Humaira  saat tampil bertutur di Perpustakaan Daerah Kota Bontang (FOTO: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Tsaltsa Anin Nur Humaira saat tampil bertutur di Perpustakaan Daerah Kota Bontang (FOTO: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Siswa SDN 10 Bontang Utara Kota Bontang, Tsaltsa Anin Nur Humaira mengikuti grand final lomba bertutur tingkat SD, Madrasah Ibtidaiyah tingkat nasional secara virtual yang digelar oleh Perpusnas RI (Perpustakaan Nasional RI), Selasa (8/9/2020).

Sebagai satu satunya wakil dari Kalimantan Timur (Kaltim), siswi kelas 5 yang kerab disapa Caca ini menjadi peserta yang ke 14 dalam lomba yang diadakan di Perpustakaan Daerah Kota Bontang.

Dengan mengangkat cerita 'Asal Usul Sungai Mahakam', Caca terlihat tampil percaya diri dan memukau, latihan maksimal yang ia lakukan selama 4 bulan, membuatnya lega dan puas akan penampilannya.

"Insya Allah sudah belajar selama 4  bulan saya senang dan lega sudah bisa tampil, walau deg degan juga tadi," ujarnya kepada awak media.

Tsaltsa-Anin-Nur-Humaira.jpgDukungan Dinas perpustakaan provinsi Kaltim, Sekda Bontang dan Dinas perpustakaan daerah kota Bontang kepada Tsaltsa dalam Grand final lomba bertutur tingkat nasional (FOTO: Kusnadi/TIMES Indonesia)

Meski telah menampilkan semua kemampuannya, ia menyadari akan dirinya yang tak luput dari kekurangan hingga menyerahkan hasilnya kepada yang Maha Kuasa dan dewan juri. "Targetnya Insya Allah juara satu, yakin," ucapnya.

Caca yang tampil di hadapan juri nasional itu mendapat dukungan dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim, H Elto, Sekretaris Daerah Kota Bontang Aji Erlynawati dan Kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bontang, Retno Febriaryanti.

Kepala dinas Perpustakaan dan kearsipan Provinsi Kaltim, H Elto mengapresiasi capaian Caca berkat peran pemerintah kota Bontang hingga bisa mewakili Kaltim di tingkat nasional. "Alhamdulillah cukup bagus berkat sekolahnya memberikan latihan sejak bulan Juli," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala dinas Perpustakaan dan kearsipan kota Bontang, Retno Febriaryanti meyakini penampilan Caca bisa berhasil meraih juara di ajang lomba mendongeng ini.

Tsaltsa-Anin-Nur-Humaira-2.jpg

"Pembinaan ananda Caca denga peran pustakawan yang ada disini, begitu juga di provinsi Kaltim kami diberi masukan oleh pakar pakar pendongeng, Alhamdulillah kepercayaan diri mba Caca meningkat," ungkapnya.

Retno juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung proses lomba ini hingga Caca bisa tampil maksimal di ajang tahunan tersebut. "Terima kasih kepada Dinas perpustakaan provinsi, Bu Walikota dan Sekda kota Bontang sudah memberikan dukungan kepada ananda Caca," ucapnya.

Selanjunya, Sekretaris Daerah Kota Bontang, Aji Erlynawati bersyukur atas capaian Caca hingga tak hentinya pemerintah kota Bontang akan berusaha mendukung program yang digelar setiap tahun pula di Kota Bontang.

"Kami akan mensupport terus program program seperti ini yang juga mencerdaskan sumber daya manusia kota Bontang, bisa pula melalui anggaran yang ada di perpustakaan," tutup Sekda Bontang, Aji Erlynawati.

Diketahui, Grand final lomba bertutur ini diikuti oleh 34 peserta dari masing-masing provinsi di Indonesia yang dilaksanakan mulai dari 7 September sampai dengan 11 September 2020.

Pengumuman pemenang lomba bertutur tingkat nasional ini yang diikuti Siswa SDN 10 Bontang Utara Kota Bontang, Tsaltsa Anin Nur Humaira ini akan digelar pada Jumat (11/9/2020) mendatang langsung oleh Kepala Perpusnas RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : Bontang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES