Peristiwa Nasional

Jaga Kondisi Pertanian, Mentan RI Perintahkan Jajarannya Turun Langsung ke Lapangan

Selasa, 08 September 2020 - 18:11 | 34.79k
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo. (FOTO: Kementan RI)
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo. (FOTO: Kementan RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMentan RI (Menteri Pertanian RI) Syahrul Yasin Limpo meminta seluruh jajaran pegawainya bekerja serius dan memastikan pembangunan pertanian yang ada berjalan dengan lancar. Karena itu, harus ada pengecekan langsung terhadap situasi dan kondisi pertanian di lapangan.

"Pertanian itu bicara lapangan dan setiap lapangan pasti kondisinya berbeda. Oleh karena itu, local problem must be respon by local respon," ujar Menteri Syahrul saat menyapa penyuluh pertanian melalui Agriculture War Room (AWR) di lantai 2 gedung A kantor pusat Kementan RI, Selasa (8/9/2020).

Sebagai langkah awal, Menteri Syahrul meminta Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) dihidupkan secara cepat. Langkah ini perlu dilakukan agar penyuluh dan petani berperan aktif mendorong terwujudnya ketahanan pangan nasional.

"Saya berharap Kostratani menjadi bagian keserasian bagi Kementan. Kita akan terus support dan terus melakukan pendekatan menyelesaikan masalah di lapangan," katanya.

Berkaitan dengan hal ini, Menteri Syahrul menilai digitalisasi pertanian mau tidak mau harus diterapkan secara masif agar bisa berkomunikasi dan saling memberi informasi kepada petani.

"Saya ingin setiap wilayah memiliki demplot yang dikembangkan sehingga bisa dilakukan pembelajaran pertanian. Dengan begitu tidak ada lagi lahan kosong yang tersisa, semua lahan harus kita tanami untuk menambah ketersediaan pangan," katanya.

SYL, sapaan akrab dia berharap, ke depan semua penyuluh bisa mendekatkan diri dengan para pimpinan daerah baik walikota maupun bupati untuk menjalin sinergitas dalam membangubln sektor pertanian nasional.

"Kuncinya pertanian bisa diakselerasi kalau harmonisasi dilakukan. Marilah kita melakukan pendekatan meski hanya melalui video conference," tandas Mentan RI Syahrul Yasin Limpo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES