Ekonomi

Pokdarwis Tirta Panaraban Ingin Wisata Dawuhan Entaskan Pengangguran Pemuda Desa

Selasa, 08 September 2020 - 17:45 | 71.94k
Keindahan Wisata Dawuhan, Wanayasa, Banjarnegara dan Ketua tua Pokdarwis Tirta Penaraban Ratno CS (FOTO : Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)
Keindahan Wisata Dawuhan, Wanayasa, Banjarnegara dan Ketua tua Pokdarwis Tirta Penaraban Ratno CS (FOTO : Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Walaupun Objek Wisata Dawuhan Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara masih seumur jagung, namun mampu mengaryakan puluhan pemuda desa setempat. Terdata sedikitnya 120 personel beraktivitas di sini.

"Misi kita ke depan di samping untuk meningkatkan pendapatan desa tentunya mengentaskan pengangguran pemuda desa setempat," kata Alwanto, pengelola wisata saat berbincang - bincang dengan TIMES Indonesia.

Menurutnya, pokdarwis di desanya masih fokus bagaimana meramaikan Wisata Dawuhan dan menumbuhkan perekonomian lokal masyarakat Dawuhan dan sekitarnya.

Wisata-Dawuhan-2.jpg

"Objek Wisata Dawuhan yang dikembangkan sejak lima tahun silam ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kita dan BUM-Desa Dawuhan merencanakan ada penambahan objek baru. Intinya kita bertahap sambil menata personel yang mengerti dan memahami dunia pariwisata," tambah Alwanto.

Ketua Pokdarwis Tirta Panaraban, Ratno didampingi wakilnya, Misah dan bendahara Marwoto menyampaikan bahwa diawal tahun 2021, ada alokasi dana desa penyertaan BumDes sekitar 100 juta.

Direncanakan dana ini untuk membuat kolam bermain buat balita. Dan jika memungkinkan, ada penambahan dana tahun berikutnya diproyeksikan membangun mini water boom. Kemudian Pasar Rengrang yang sempat terkendala karena Covid-19, akan kembali digelar.

"Kita selalu koordinasi dengan stakeholder yang ada. Animo dan apresiasi masyarakat terhadap keberadaan Pasar Rengrang sangat baik karena menyajikan ragam kuliner yang ada di Desa Dawuhan," kata Ratno.

TIMES Indonesia hampir tiga jam berada di kawasan Ojek Wisata Dawuhan merasakan kentalnya alam pegunungan Banjarnegara Utara. Udaranya yang sejuk dan pemandangan  alam sekitar begitu nyaman untuk menghilangkan penat. Apalagi jika berada di tepian Sungai Panaraban yang bening.

Belum lagi hamparan petak sawah terasering menambah asli kawasan Objek Wisata Dawuhan Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES