Peristiwa Nasional

Rektor UIN Maliki Malang: Prof Abdul Malik Fadjar Sosok Inspiratif Penebar Optimisme

Selasa, 08 September 2020 - 16:54 | 35.28k
Prof Abdul Malik Fadjar. (FOTO: Dok. UMM)
Prof Abdul Malik Fadjar. (FOTO: Dok. UMM)

TIMESINDONESIA, MALANG – Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr H Abdul Haris, MAg sengaku dirinya sangat kehilangan sosok inspiratif penebar optimisme. Ya, sosok itu adalah Prof Abdul Malik Fadjar yang wafat Senin (7/9/2020) malam sekitar pukul 19.00 WIB di RS Mayapada Kuningan.

"Beliau guru saya. Saya adalah salah satu mahasiswa beliau di doktoral. Waktu itu di Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Malang. Beliau mengajar metodologi penelitian," kata Haris, Selasa (8/9/2020).

Selain mengajar, kata Haris, almarhum sering mengajaknya diskusi terkait isu-isu terkini. Membahas kebangsaan, kepemudaan, agama, pendidikan, Islam Indonesia dan lainnya.

"Beliau banyak sekali memberikan inspirasi dan dorongan serta harapan kepada kami para mahasiswa. Beliau selalu memberikan optimisme dalam menjalani hidup ini," tuturnya.

Haris menjelaskan, dirinya banyak belajar kepada almarhum Prof Abdul Malik Fadjar. Bahkan, saking akrabnya, Prof Malik memberikan harapan khusus untuk Haris.

"Waktu itu saya Ketua Umum Senat Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Malang, sekaligus Ketua Umum PMII Cabang Malang. Saya gak tahu, beliau selalu ngajak diskusi saya. Dan saya sering diajak diskusi di mobil. Dulu beliau bawa mobil merah. Beliau selalu berbicara masalah yg menurut saya sangat urgen waktu itu," bebernya.

Prof Abdul Malik Fadjar dikenal sebagai tokoh bangsa yang sangat peduli pada dunia pendidikan. Tak heran jika jabatannya menjadi Rektor UMM hingga 17 tahun. Bahkan di waktu bersamaan, ia juga sempat menjabat rektor di dua kampus sekaligus yakni UMM (1983-2000) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada 1994-1995.

Prof Abdul Malik Fadjar merupakan Guru Besar ketiga di UIN Malang. Ia dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Agama pada 29 Juli 1995 dengan pidato ilmiah berjudul Pengembangan Pendidikan Islam yang Menjanjikan Masa Depan.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Abdul Haris merasakan sangat terpukul dan kehilangan sala satu sosok panutannya Prof Abdul Malik Fadjar. "Mudah-mudahan beliau Khusnul khatimah semua amal baiknya diterima," tutupnya. (*)

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG KUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES