Peristiwa Nasional

Presiden RI Jokowi Ingin Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Tingkatkan Kualitas Demokrasi

Selasa, 08 September 2020 - 16:01 | 26.46k
Presiden RI Jokowi. (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan)
Presiden RI Jokowi. (FOTO: Biro Pers Istana Kepresidenan)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi meminta agar, pandemi Covid-19 dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas demokrasi dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

"Selain taat dalam menjalankan protokol kesehatan, saya minta kualitas demokrasi kita dijaga, ditingkatkan," ucap Presiden Jokowi dalam rapat terbatas 'Lanjutan Pembahasan Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak' di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Diketahui, Pilkada 2020 akan digelar serentak di 270 daerah 9 Desember mendatang. Pada 4-6 September 2020 lalu para bakal calon peserta pilkada sudah mendaftarkan diri ke kantor KPU Daerah masing-masing.

"Kita ingin dalam posisi yang sulit seperti ini demokrasi semakin dewasa, demokrasi kita semakin matang. Oleh sebab itu yang pertama saya minta kepada aparat birokrasi, TNI dan Polri terus bersikap netral dan tidak memihak pada satu pasangan calon tertentu," pinta Jokowi.

Selain mengingatkan ASN dan TNI/Polri, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta penyelenggara Pemilu, baik KPU maupun Bawaslu tidak membiarkan narasi yang memecah-belah persatuan dan kesatuan.

"Harus ada ketegasan jangan sampai menggunakan politik-politik identitas, politik SARA karena itu akan membahayakan persatuan dan kesatuan, ini yang harus dicegah," tegas Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mendorong para calon kepala daerah untuk beradu program dan kontestasi gagasan.

"Beradu kemampuan untuk menjadi pemimpin daerah dan kita juga harus mendorong masyarakat mempelajari 'track record' calon agar daerah memperoleh pemimpin yang baik, pemimpin terbaik," jelasnya.

Dijelaskan Presiden RI Jokowi, penyelenggara Pilkada 2020 berperan besar untuk menjaga kualitas demokrasi sekaligus menjaga stabilitas politik di daerah khususnya di masa-masa sulit seperti sekarang akibat pandemi Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES