Peristiwa Daerah

Berharap Covid-19 Usai, PCNU Jombang Khataman Kitab Shahih Bukhari dalam Semalam

Selasa, 08 September 2020 - 15:56 | 35.02k
Khataman kitab shohih buchori di Pondok Pesantren Babussalam, Kalibening, Mojoagung, Jombang. (Foto: PCNU Jombang For TIMES Indonesia)
Khataman kitab shohih buchori di Pondok Pesantren Babussalam, Kalibening, Mojoagung, Jombang. (Foto: PCNU Jombang For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Berharap pandemi Covid-19 segera berakhir, sejumlah ulama di Jombang menggelar khataman kitab Shahih Bukhari di Pondok Pesantren Babussalam, Kalibening, Mojoagung, Jombang.

Kegiatan yang dimulai pukul 20.10 WIB, Senin, (7/9/2020) ini diikuti oleh 51 orang dari pengurus Syuriah dan Tanfidziyah PCNU, anggota LBMNU, anggota LFNU, Aswaja center dan tokoh masyarakat.

Masing-masing orang membaca 16 lembar sanad dan matan hadist yang ada di kitab Shahih Bukhari. Masing-masing membaca sekitar 2 jam.

KH Abdul Nashir Fattah, Rais Syuriah PCNU Jombang, sebagai inisiator kegiatan tersebut menyampaikan bahwa khataman kitab Shahih Bukhari yang dilakukan dalam waktu semalam ini merupakan amalan-amalan yang dilakukan oleh para ulama terdahulu dan para gurunya sebagai tolak balak sebuah musibah.

"Kiai kita, seperti KH Hasyim Asyari, KH Dhimyati Banten, ternasuk KH Abdul Fattah Hasyim memiliki amalan khataman kitab Shahih Bukhari. Serta guru saya antara lain Sayyid Muhammad Bin Alwi Al Maliki, Syech Ismail Al Yamani, juga termasuk Musniduddunya Syech Yasin Bin Isa Al Fadani, semua mengamalkan khataman kitab Shahih Bukhari," tuturnya (7/9/2020).

"Dengan membaca kitab Shahih Bukhari yang berisi banyak Hadist, maka bibir kita dibasahi oleh nama-nama musnid. Fainna dzikrus sholihin tanzilur rahmat lil ummat. Sesungguhnya dengan menyebut nama-nama orang yang salih, maka Rahmat Allah SWT akan diturunkan kepada kita," imbuhnya.

KH Nashir, berharap khataman ini bisa mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Sehingga turun rahmatnya dan segera pandemi ini diangkat oleh Allah SWT dengan fadhilah dan keberkahan khataman kitab Shahih Bukhari. "Dalam masa pandemi Covid-19 ini, semoga rahmat Allah SWT diturunkan kepada kita semua, sehingga pandemi ini segera bisa selesai," katanya berharap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES