Peristiwa Nasional

Nadiem Makarim: Almarhum Prof Abdul Malik Fadjar Banyak Memberi Inspirasi

Selasa, 08 September 2020 - 14:18 | 43.64k
Prof Abdul Malik Fadjar. (FOTO: PP Muhammadiyah)
Prof Abdul Malik Fadjar. (FOTO: PP Muhammadiyah)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tokoh Muhammadiyah yang juga mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof Abdul Malik Fadjar wafat, Senin (7/9/2020) kemarin. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim, almarhum adalah sosok yang banyak memberi inspirasi dan pembelajaran bagi semua.

"Termasuk tentang pendekatan humanis, demokratis dan memberikan kebebasan hak asasi manusia dalam pendidikan," kata Nadim Selasa (8/9/2020). "Selamat jalan pahlawan dan guru bangsa," tambah Nadiem.

Prof Abdul Malik Fadjar menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 19.00 WIB di Rumah Sakit Mayapada, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (7/9/2020) kemarin. Dan kini juga sudah dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Prof Abdul Malik Fadjar meninggal dunia di usia 81 tahun. Prof Abdul Malik Fadjar lahir di Yogyakarta pada 22 Februari 1939. Ia dikenal sebagai tokoh bangsa yang sangat peduli pada dunia pendidikan. Tak heran jika jabatannya menjadi Rektor UMM hingga 17 tahun.

Bahkan di waktu bersamaan, Prof Abdul Malik Fadjar juga sempat menjabat rektor di dua kampus sekaligus yakni UMM (1983-2000) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada 1994-1995. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES