Peristiwa Daerah

Warga Desa Wangun di Tuban Rayakan Kemerdekaan dengan Lomba Kebersihan Lingkungan

Selasa, 08 September 2020 - 14:11 | 366.58k
Suasana lingkungan di Desa Wangun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, nampak asri, Selasa (08/09/2020). (Foto: Safuwan/TIMES Indonesia)
Suasana lingkungan di Desa Wangun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, nampak asri, Selasa (08/09/2020). (Foto: Safuwan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Warga di Desa Wangun Kecamatan Palang Kabupaten Tuban Jawa Timur.bersama Pemerintah Desa setempat, merrayakan Kemerdekaan RI 2020 dengan menggelar lomba kebersihan lingkungan

Kepala Desa Wangun Darwan, mengatakan agar masyarakat tetap bisa menikmati  dan berpartisipasi dalam kegiatan Agustusan tersebut, maka perlu membuat perlombaan kebersihan lingkungan tingkat RT dengan menggandeng Karangtaruna sebagai panitia. 

Desa Wangun 2

"Kegiatan ini sesuai dengan anjuran pemerintah untuk selalu menjaga kebersihan di tengah merebaknya Virus Corona yang tak kunjung berakhir terutama di Kabupaten Tuban yang tiap hari semakin meningkat," tutur Kades, Selasa (08/09/2020). 

Lomba ini mendapat respon luar biasa dari warga. Demi mewujudkan Desa Wangun yang Asri Bersih dan Sehat, masyarakat sangat antusias dalam mengikuti lomba. 

Desa Wangun 3

Panitia memberikan waktu hampir 1 bulan untuk melakukan persiapan pada masing-masing RT untuk menata lingkungan agar terlihat indah bersih dan rapi. Kriteria yang harus dipenuhi dalam perlombaan itu adalah Kebersihan, Keserasian,Penghijauan, Kemeriahan lampu hias, Kreatifitas memanfaatkan barang barang bekas serta mewajibkan tempat cuci tangan di setiap rumah.

Darwan menjelaskan, dalam waktu satu bulan semua warga meluangkan waktu di tengah kesibukan bekerja yang mayoritas sebagai petani  untuk kerja bakti membersihkan lingkungan dengan harapan bisa menjadi lingkungan yang terbaik  pada saat penilaian nanti.

Agar masyarakat tetap semangat, Pemdes Wangun memberi hadiah jutaan rupiah bagi para pemenang. 

Desa Wangun 4

"Agar masyarakat lebih semangat dalam berkompetisi, Alhamdulilah dalam waktu satu bulan semua sudut dan gang yang ada di Desa Wangun, berubah menjadi sangat bersih indah dan rapi dengan dihiasi ornamen-ornamen hasil kreatifitas masing-masing warga," tuturnya.

Darwan bersukur atas berlangsungnya kegiatan lomba kebersiham lingkungan itu. Perubahan lingkungan terlihat sangat drastis. Contohnya, dulu pemandangan sampah, kotoran sapi dan plastik menjadi pemandangan tiap hari. Namun sekarang pemandangan tersebut nyaris tidak terlihat lagi. Banyak sayuran yang ditanam warga di sekitar rumahnya.

Desa Wangun 5

"Barang- barang bekas juga termanfaatkan tidak terbuang sia-sia dan di malam harinya warga juga terhibur dengan gemerlap lampu hias yang terpasang sepanjang jalan," beber Kades. 

Kades berharap agar kegiatan ini bukan hanya sekedar lomba tapi bisa menjadi kebiasaan pola hidup sehari-hari. Darwan berpesan kepada warga Desa Wangun harus sadar betapa pentingnya kebersihan lingkungan dan itu merupakan tanggung jawab bersama  "Majulah Desaku Jayalah Wangun ku". (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES