Pendidikan

Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UM Berikan Pelatihan Penyusunan RPP

Selasa, 08 September 2020 - 14:00 | 91.72k
Kegiatan pelatihan penyusunan RPP yang ringkas dan efektif oleh Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UM. (Foto: Dok. Prodi Pendidikan Bahasa Jerman)
Kegiatan pelatihan penyusunan RPP yang ringkas dan efektif oleh Prodi Pendidikan Bahasa Jerman UM. (Foto: Dok. Prodi Pendidikan Bahasa Jerman)

TIMESINDONESIA, MALANG – Penyederhanaan Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara Mandiri, guru-guru dituntut untuk dapat menyederhanakan RPP yang dibuat asalkan tetap berpegang pada prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa menjadi tantangan tersendiri bagi para tenaga pengajar di era pandemi Covid-19. Untuk membantu guru terampil menyusun RPP yang ringkas dan efektif, dosen-dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jerman (PSPBJ) Universitas Negeri Malang  juga terus melaksanakan kegiatan pelatihan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan tema "Bagaimana menyusun RPP satu lembar?.“

Kegiatan pelatihan penyusunan RPP yang ringkas dan efektif menjadi bagian dari peningkatan profesionalisme dan kompetensi guru. RPP yang disusun selain ringkas dan efektif juga harus disesuaikan dengan pembelajaran daring yang sedang dilaksanakan secara penuh di masa pandemi Covid 19. Kegiatan yang dilaksanakan merupakan inisiasi dari para dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman (PSPBJ) Universitas Negeri Malang. Peserta yang diundang adalah guru-guru bahasa Jerman sebanyak 15 orang yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Jerman kota Malang. Materi yang disajikan adalah prinsip-prinsip penyusunan RPP dan bagaimana cara meringkasnya, serta pengenalan model-model pembelajaran bahasa asing yang dapat digunakan pada pembelajaran bahasa Jerman secara daring. 

pelatihan penyusunan RPP 2

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini dilakukan oleh  Dr Edy Hidayat, Dr Dewi Kartika Ardiyani, dan M Kharis MHum, serta dibantu oleh mahasiswa PSPBJ UM sebagai co-fasilitator. Pelatihan ini terselenggara melalui kerjasama dengan MGMP Bahasa Jerman kota Malang yang melibatkan  15 guru Bahasa Jerman dari kota Malang dan dilaksanakan selama 2 kali pertemuan pada tanggal 22 dan 29 Agustus bertempat di SMA Negeri 2 Malang dan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pada akhir kegiatan pertemuan ke 2 para guru mempresentasikan RPP yang telah disusun. Direncanakan kegiatan pelatihan akan dilanjutkan pada pertemuan ke 3 secara daring dengan agenda simulasi mengajar berdasarkan RPP yang disusun melalui platform Zoom. 

pelatihan penyusunan RPP 3

Untuk mengetahui keberhasilan pelatihan yang telah dilakukan, penyaji menyiapkan angket untuk para guru. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa para guru dapat menyusun RPP ringkas dan efisien antara 1-2 lembar dan melalui diskusi masing-masing peserta dapat mendapatkan saran-saran baik dari penyaji maupun dari sesama peserta untuk perbaikan. 

pelatihan penyusunan RPP 4

Pelatihan untuk peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru bahasa Jerman di Malang dan sekitarnya merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang sebagai bagian pelaksanaan dari tri darma perguruan tinggi dan kegiatan after sales service prodi untuk para alumni yang berprofesi guru bahasa Jerman. Para peserta berharap kegiatan serupa tetap dilaksanakan secara berkala dengan tema yang beragam sesuai dengan kebutuhan guru bahasa Jerman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES