Peristiwa Internasional

Otoritas Arab Saudi Tangkap Sheikh Abdullah Basfar

Selasa, 08 September 2020 - 13:40 | 132.12k
Sheikh Abdullah Basfar (FOTO: Dok. Media Sosial)
Sheikh Abdullah Basfar (FOTO: Dok. Media Sosial)

TIMESINDONESIA, ARAB SAUDI – Otoritas Arab Saudi menangkap Sheikh Abdullah Basfar, salah satu pembaca Al-Quran (Qari) dan ulama terkenal di kalangan muslim. Penangkapan ini diungkapkan oleh the Prisoners of Conscience melalui akun Twitter.

Menurut informasi dari Middle East Monitor (MEMO), Selasa (8/9/2020) melalui akun Twitter the Prisoners of Conscience menyampaikan bahwa Syekh Basfar ditangkap pada Agustus 2020 lalu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang bagaimana dan di mana dia ditangkap.

"Kami mengkonfirmasi penahanan Syekh Dr Abdullah Basfar sejak Agustus 2020," tulis akun Prisoners of Conscience.

Sebagai informasi, Sheikh Abdullah Basfar merupakan seorang profesor di departemen Sharia dan Islamic Studies di King Abdul Aziz University di Jeddah. Ia juga juga merupakan mantan Sekretaris Jenderal Organisasi Kitab dan Sunnah Dunia. Laporan tentang penahanan Syekh Basfar bertepatan dengan laporan tentang penahanan Syekh Saud Al-Funaisan, yang ditangkap pada bulan Maret 2020.

Menurut informasi dari Qiroah Islamzoom, Abdullah Basfar, bernama lengkap Abdullah Alkhayl Basfar, adalah seorang alim ulama dan pembaca Al-Quran terkenal dari Arab Saudi. Abdullah Ibn Ali Basfar lahir pada tanggal 9 Dzulkaidah 1381 Hijriah di Jeddah, Arab Saudi. Selama bulan suci Ramadhan, Abdullah Ibn Ali Basfar adalah imam utama di Jeddah.

Abdullah Basfar mempelajari Alquran sejak dini, dan tercatat memperoleh gelar sarjana studi Islam di Universitas King Aziz di Jeddah pada tahun 1406 Hijriah. Ia juga meraih gelar master di Universitas Cahia di Arab Saudi. Dia melanjutkan pendidikan hingga meraih gelar doktor di Universitas King Aziz dan menjadi guru besar di sana.

Setelah itu, ia memulai karirnya sebagai seorang imam dan khatib di masjid Mansour El Shaabi di Jeddah. Nama Abdullah Ibn Ali Basfar juga pernah menjadi sekretaris jenderal di liga internasional studi dan pembelajaran Quran (Tahfid El Quran). Dia kemudian dikenal sebagai salah satu Qori terkenal di Arab Saudi. Album Qiroatnya, tersebar dan banyak dijual di sejumlah platform digital dan banyak dikagumi oleh umat muslim dunia.

Kabar penangkapan Sheikh Abdullah Basfar oleh the Prisoners of Conscience melalui akun Twitter ini pun cukup mengejutkan umat muslim dunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES