Indonesia Positif

3 Proposal UISI Siap Bersaing pada Ajang KBMI

Selasa, 08 September 2020 - 09:18 | 80.20k
FOTO: UISI
FOTO: UISI

TIMESINDONESIA, GRESIKUISI (Universitas Internasional Semen Indonesia) kembali unjuk gigi dalam KBMI (Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia yang digelar oleh DIKTI. 

Pada ajang bergengsi tersebut, UISI pernah menjadi juara 1 di bidang makanan dan minuman”. Sang juara menyulap sorghum yang biasanya digunakan sebagai makanan burung, menjadi camilan sehat rendah gluten. 

Puji Andayani, S.Si., M.Si., M.Sc.,Kepala Direktorat Kemahasiswaan dan Kealumnian UISI menjelaskan tahun ini ada 3 proposal yang lolos pendanaan di KBMI. " Tiga proposal yang lolos pendanaan di KBMI mengusung judul CAP BESI (Kecap dari biji trembesi), Sekarves Indonesia (Hijab), dan Dessert.Me7 (Dessert)," ungkap Puji.

CAP BESI (Kecap Sehat trembesi) ide yang digadang oleh Syarifa Nur'aini , Moh. Afit Haryanto, M Salman Al Farisi, Dalilah Innas Salsabila, dan Ilmi Firdaus Shofiyah (Mahasiswa Teknik Kimia UISI). Pembuatan produk bermula karena limbah biji trembesi yang kurang termanfaatkan secara optimal di Lamongan, bahkan menyebabkan pendangkalan di Tambak.

Produk dibuat di tahun 2019 dengan 2 tujuan utama, yakni mengurangi limbah dan memproduksi kecap yang sehat untuk masyarakat karena dibuat dengan paduan gula cair kulit singkong. Tujuan mengikuti pendaftaran KBMI untuk pelegalan perusahaan, misal pendaftaran cv, hak merk, dan juga pengujian untuk mendapatkan formula baru. Harapannya Kecap trembesi dapat konsisten dan menjadi produk yang eksis di tengah masyarakat.

Produk kedua adalah Sekarves Indonesia, tim yang digadang oleh Feby Hardianti, Anggia Fadhilah Hartono, Ma'rifatul Ulya. Ketiganya dari prodi Manajemen UISI, serta Septia Zaha Palupisari dari prodi Desain Komunikasi Visual UISI. Produk bermula karena tingginya pengguna hijab di Indonesia, menimbulkan kebutuhan hijab yang juga sangat besar.

"Maka dari itu Tim ingin memenuhi kebutuhan wanita Indonesia dalam berhijab yang nyaman untuk beraktifitas maupun berkarya. Selain itu, produksi hijab yang menggunakan seluruh sumber daya lokal akan menciptakan lapangan kerja yang memadai, khususnya di daerah Jawa Timur," jelasnya. 

Sekarves Indonesia lahir sebagai Brand hijab Indonesia yang didesain secara eksklusif. Dapat dilihat dari label produk premium, visual brand identity, hingga kemasan produk. Sekarves Indonesia juga mengusung desain-desain yang mengandung unsur lokal yang menarik dan unik. Tidak hanya itu, Sekarves Indonesia mulai membuat campaign dan produk baru dengan target para millenials di Jawa Timur.

Produk ketiga adalah @dessert.me7 yang dibawakan oleh Apriliana Nikita Santosa, Alissa Qotrunnada Fadhilah, Ellen Novian Mufidah, Elly Ferawati, dan Thariza Amanda Safitri (Mahasiswa Teknik Kimia) . Gagasan bermula dari Nikita yang gemar mengkonsumsi makanan manis, sehingga tercipta ide untuk membuat dessert oreo. Setelah itu Nikita berniat untuk memperjualbelikan dessert tersebut sehingga tercipta @dessert.me7 pada tahun 2019.

Inovasi terus dilakukan oleh Tim, salah satunya dengan memanfaatkan sesuatu yang bisa bernilai jual tinggi, yaitu dengan membuat banoffee. Banoffee sendiri terbuat dari pisang, yang mana pisang biasanya dikonsumsi buahnya atau dibuat kripik saja. Namun, saya berfikir untuk menciptakan banoffee less calorie yang mana lebih sehat dan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk yang melakukan program diet. “Pendaftaran @dessert.me7 di KBMI ini bertujuan untuk memperluas jaringan marketing kami dan tentunya kami ingin menambah wawasan dengan mengikuti program KBMI ini,” ungkap ketua tim Nikita.

“Di UISI mahasiswa sangat disuport untuk menjalankan bisnis atau kewirausahaan sejak mereka masih menjadi mahasiswa, Melalui Direktorat kemahasiswaan dan kelaumnian dan INCUBES, pembinaan kewirausahaan mahasiswa diasal. Pembimbingan dan pendampingan bisnis dilakukan secara intens dan berkelanjutan. Kami berharap di tahun ini UISI kembali disebut sebagai pendatang baru yang mengerikan," tutup Puji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES