Pemerintahan

Fitria Pamungkaswati, Legislator yang Aktif Lestarikan Seni Budaya Cirebon

Selasa, 08 September 2020 - 11:56 | 78.17k
Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Fitria Pamungkaswati. (Foto: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)
Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Fitria Pamungkaswati. (Foto: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Semangat Fitria Pamungkaswati memajukan seni dan budaya Cirebon masih terpatri dalam dirinya. Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon, Jawa Barat ini mengaku pentingnya regenerasi dalam upaya melestarikan warisan seni dan budaya Cirebon.

Perempuan kelahiran Cirebon, 23 April 1976 ini mulai menggeluti dunia seni budaya sejak remaja. Dia bersama teman-teman penggiat seni lainnya mulai membangun sebuah Sanggar Seni yang diberi nama Sanggar Sekar Pandan. Disanalah dia menyalurkan hobi di dunia seni dan budaya.

"Saat itu nama ketua sanggarnya Herry, saya menjadi sinden pengiring sintren, bisa dikatakan saya itu adalah sinden sintren pertama di Keraton Kacirebonan atau di sanggar Sekar Panda," ucapnya saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (8/9/2020).

Kecintaannya pada dunia seni dan budaya membawa dirinya menjadi anggota Komisi III DRPD Kota Cirebon. Di suatu kesempatan, dia kembali menampilkan bakatnya di ruang Griya Sawala DPRD Kota Cirebon saat menggelar pagelaran sintren dia kembali menunjukan bakatnya yaitu dengan menjadi sinden pengiring sintren.

"Saat saya masih di komisi III di periode pertama saya adakan pagelaran sintren, mulai dari sindennya saya, sintren sampai ke penabuh musik juga dari anggota komisi III, itu didukung juga oleh teman-teman sanggar seni yang ada di Kota Cirebon," jelasnya.

Fitri merasa bangga sekarang ini seni dan budaya sudah menjadi ekstra kulikuler (ekskul) di beberapa sekolah. Seperti tari-tarian khas cirebon, dan rantak gendang atau seni lainnya, dari sanalah lahir generasi yang akan meneruskan seni dan budaya di Kota Cirebon.

"Sehingga generasi kita kedepan tidak termakan oleh budaya-budaya luar agar lebih mencintai budaya lokal atau budaya Cirebon," kata Fitria Pamungkaswati(*)

Edisi-Rabu-9-September-2020-Fitria-Pamungkaswati.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES