Peristiwa Daerah

Kisah Mbah Siti Kasur, Berjalan Puluhan Kilometer Tawarkan Jasa Servis Kasur di Pacitan

Selasa, 08 September 2020 - 12:40 | 67.07k
Siti, Saat melakukan servis kasur dan bantal di sebuah rumah edy susanto warga Kecamatan Arjosari. (Foto: Edy Susanto For TIMES Indonesia)
Siti, Saat melakukan servis kasur dan bantal di sebuah rumah edy susanto warga Kecamatan Arjosari. (Foto: Edy Susanto For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Siti (52), tiap hari berjalan kaki menempuh puluhan kilometer untuk menawarkan jasa servis kasur. Setiap hari, mbah Siti Kasur, begitu ia biasa dipanggil, keluar masuk desa di Pacitan, Jawa Timur untuk mencari kasur rusak yang perlu diservis.

Usaha ini digeluti Siti sejak tahun 1993 lalu. Meski terlihat sederhana, jasa servis kasur yang diberikan oleh Siti mampu memberikan kehidupan yang baik bagi Siti dan keluarganya 

Mbah Siti Kasur 2

Ibu dua anak asal Sragen, Jawa Tengah, ini bersama  suaminya, Sumanto, setiap hari menjajakan jasa servis kasur. Namun, mereka tidak berjalan bersama, dua-duanya mempunyai jalur kerja masing-masing.  

Untuk kasur ukuran kecil, Siti biasanya memasang tarif Rp 150 ribu sedangkan kasur ukuran besar Rp 200 ribu termasuk cover kasur, dalam satu hari rata-rata dia bisa mengantongi Rp 200 ribu.

“Saya setiap hari biasanya  mendapatkan orderan 3 kasur. Biasanya mulai start pagi dari tempat tinggal di Pacitan, Tanjungsari, Pacitan ke Pucangombo Tegalombo dan sekitarnya ya kira-kira 40an kilo. Saya dan bapak pulang setiap sepuluh hari sekali,” katanya, di sela-sela membenahi bantal dan kasur di rumah salah satu warga Desa Mlati, Arjosari, Edy Susanto, Selasa (8/9/2020).

Siti mengaku tak pernah sepi order. Dia berharap profesinya dapat digantkan anaknya.

Menurut Edi Susanto usaha tersebut merupakan pekerjaan yang sangat mulia . Jaman sekarang orang mau berjalan menempuh puluhan kilometer sangatlah minim. Namun, Siti kasur dan suaminya tekun menjalani selama ini.

“Pekerjaannya bagus, kami juga sangat puas selain telaten mbah Siti Kasur menurut saya sebagai contoh bagi kita semua, meski terlihat sederhana tapi jasa servis kasur penghasilannya besar. Terkadang kita gensi mau melakukan usaha seperti itu, tapi banyak yang tidak tau kalau penghasilannya capai belasan juta setiap bulannya,” terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES