Peristiwa Nasional

BMKG: Musim Hujan di Indonesia Dimulai Akhir Oktober 2020

Selasa, 08 September 2020 - 08:49 | 54.35k
Ilustrasi. Musim hujan di Indonesia. (Foto: dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi. Musim hujan di Indonesia. (Foto: dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan bahwa musim hujan di Indonesia akan dimulai pada akhir Oktober 2020.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menjelaskan, musim hujan akan dimulai secara bertahap dimulai dari wilayah Indonesia Barat dan sebagian besar wilayah Indonesia. 

"Diprakirakan mengalami puncak musim hujan pada bulan Januari dan Februari 2021 yaitu sebanyak 248 ZOM/Zona Musim (72,5%)," ujar Dwikorita dalam keterangan tertulisnya.

Dwikorita menyatakan, pemantauan BMKG hingga akhir Agustus 2020 terhadap anomali suhu muka laut pada zona ekuator di Samudera Pasifik menunjukkan adanya potensi La Nina (indeks Nino3.4 = -0.69), yang berpotensi mengakibatkan peningkatan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia pada saat musim hujan nanti.

Hal tersebut sejalan dengan prediksi institusi meteorologi dunia lainnya yang menyatakan ada peluang munculnya anomali iklim (La Nina). La Nina berkaitan dengan lebih dinginnya suhu muka laut di Pasifik ekuator dan lebih panasnya suhu muka laut wilayah Indonesia, sehingga menambah suplai uap air untuk pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia dan menghasilkan peningkatan curah hujan.

Sementara di Samudra Hindia, pemantauan terhadap anomali suhu muka laut menunjukkan kondisi IOD negatif (indeks IOD= -0.47). IOD negatif menandai suhu muka laut di Samudra Hindia sebelah barat Sumatra lebih hangat dibandingkan suhu muka laut Samudra Hindia sebelah timur Afrika. 

Hal tersebut juga menambah suplai uap air untuk pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia dan menghasilkan peningkatan curah hujan, khususnya untuk wilayah  Indonesia bagian barat. Kondisi IOD negatif ini berpeluang bertahan hingga akhir tahun 2020.

Baik kondisi La Nina dan IOD negatif tersebut diprediksi mengakibatkan sebagian wilayah Indonesia atau 27,5% ZOM berpotensi mengalami musim hujan yang cenderung lebih basah daripada rerata klimatologisnya. Meskipun secara umum kondisi musim hujan di Indonesia pada tahun 2020/2021 di sebagian besar wilayah atau pada 243 ZOM (71%) diprakirakan normal atau sama dengan rerata klimatologisnya. BMKG akan melakukan pemutakhiran prediksi setiap bulan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES