Peristiwa Nasional

Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas: Almarhum Prof Abdul Malik Fadjar Pejuang Pendidikan

Senin, 07 September 2020 - 22:40 | 42.55k
Anwar Abbas saat dengan almarhum Prof Abdul Malik Fadjar saat masih hidup. (FOTO: Anwar Abbas for TIMES Indonesia)
Anwar Abbas saat dengan almarhum Prof Abdul Malik Fadjar saat masih hidup. (FOTO: Anwar Abbas for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Almarhum Prof Abdul Malik Fadjar adalah seorang pejuang pendidikan yang dikenal gigih dan tidak pernah mengenal lelah serta selalu optimistik. Demikian menurut Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas saat mengenang kepergian Prof Abdul Malik Fadjar kepada Sang Maha Pencipta, Senin (7/9/2020).

"Berkat ketekunannya dia (Prof Abdul Malik Fadjar) bisa membuat Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi salah satu universitas swasta terkenal di negeri ini yang tidak hanya megah dan indah tapi juga maju dan modern. UMM ini merupakan salah satu universitas dan perguruan tinggi unggulan di lingkungan muhammadiyah dan menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang diperhitungkan di negeri ini," katanya kepada TIMES Indonesia.

Menurut Sekjen MUI itu, sejak diangkatnya almarhum menjadi Menteri Agama kemudian menjadi Menteri Pendidikan, dirinya rasa tentu tidak terlepas kaitannya dengan keberhasilan almarhum di dalam memajukan kampus yang almarhum pimpin.

"Di samping kiprah beliau di organisasi Muhammadiyah yang telah banyak melahirkan kader-kader muda yang tangguh dan handal. Salah satunya Prof. Dr. Muhadjir effendi yang sekarang Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan adalah salah seorang kader dan anak didiknya," tambahnya.

Dengan kepergian beliau, kata Anwar Abbas, warga Muhammadiyah tentu saja merasakan kehilangan karena. Itu dikarenakan selama almarhum ini telah menjadi inspirasi bagi generasi dibawahnya.

"Dan tempat untuk bertanya agar juga bisa berbuat serupa dengan yang telah beliau lakukan. Saya berani berkata bahwa sebagian besar dari pendiri dan pengelola perguruan tinggi di lingkungan Muhammadiyah adalah banyak terinspirasi oleh karya agung dari beliau berupa Universitas Muhammadiyah Malang yang beliau tinggalkan," paparnya.

"Semoga semua amal ibadah yang telah beliau lakukan akan menjadi pahala bagi beliau sehingga hal itu semua nanti akan dapat menolong beliau ketika berada di depan pengadilan Tuhan nanti di hari akhir. Amin," ujar Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES