Pemerintahan

Diambang Resesi, Komisi Xl DPR RI Dorong Pemerintah Berdayakan UMKM

Senin, 07 September 2020 - 23:45 | 47.54k
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara. (FOTO: TA Amir Uskara for TIMES Indonesia)
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara. (FOTO: TA Amir Uskara for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara mendorong pemerintah untuk menyisir pelaku UMKM berdasar tingkat dampak yang dialami yang jumlahnya mencapai jutaan, bantuan harus diberikan untuk membuat mereka tetap hidup di tengah krisis.

Menurutnya pemerintah harus tetap fokus pada pencairan stimulus kepada masyarakat dan pelaku usaha. Dengan demikian, kepercayaan pelaku usaha untuk berinvestasi meningkat.

Kata Amir pandemi Covid-19 telah melumpuhkan berbagai sektor, terutama di sektor perekonomian. Akibat dari hal tersebut sejumlah negara telah mengumumkan mengalami resesi.

"Dan di Indonesia Menteri Keuangan Sri Mulyani memberi isyarat, ekonomi Indonesia bakal mengalami resesi pada kuartal III 2020," ujar kepada TIMES Indonesia di Jakarta, Senin (7/9/2020).

Lanjut politisi PPP ini, pertumbuhan ekonomi yang diprediksi mengalami kontraksi atau minus di kuartal III ini menjadi PR bagi pemerintah untuk segera ambil langkah taktis dan strategis.

"Salah satunya ya, dengan mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan petani," katanya. 

"Sementara di kalangan petani, harus lebih bisa diberdayakan dengan melibatkan pengusaha besar untuk memakai hasil produksi petani lokal di masyarakat," lanjutnya lagi.

Selain itu Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara juga mengatakan, meningkatkan konsumsi masyarakat menjadi faktor penting untuk terhindar dari resesi ekonomi dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Karena pemulihan ekonomi nasional bergantung pada seberapa cepat konsumsi masyarakat kembali bergerak. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES