Wisata

10 Wajah Baru di Kabupaten Majalengka yang Semakin Eksotis

Selasa, 08 September 2020 - 01:29 | 36.77k
10 Wajah Baru di Kabupaten Majalengka yang Semakin Eksotis
Bunderan Tugu Bola Dunia Majalengka. (Foto: Iman Flez for TIMES Indonesia)
Pewarta: | Editor: Irfan Anshori

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Bupati Majalengka H Karna Sobahi, melakukan berbagai terobosan dan ide-ide membangun Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Berbagai program prioritas terus digalakkan guna tercapainya tujuan Majalengka Religius, Adil, Harmonis dan Sejahtera (Raharja).

Kabupaten Majalengka yang dipimpin Bupati Karna Sobahi, kali ini diklaim berhasil membuat wajah Kota di Kabupaten Majalengka semakin eksotis dan menarik serta indah.

Hal tersebut tidak terlepas kebijakan mantan Wakil Bupati Majalengka dua periode ini yang ingin menjadikan Kota Angin distinasi persinggahan dan kota tujuan wisata dan penerbangan di masa mendatang.

Majalengka

Bukti nyata yang telah dilakukannya ialah, Pedestarian di Pasar Kadipaten, Bunderan Tugu Bola Dunia (Bunderan Munjul), Taman Raharja, Pendestarian GGM, Gedung Tourism Information Centre (TIC), Pulau Lalu Lintas dan Renovasi Bunderan Tugu Kecap serta lainnya.

Pembangunan tersebut telah dilaksankan pada tahun 2019 dan tahun 2020, dengan anggaran yang sangat minim. Namun hasilnya yang didapat sangat memuaskan. Sehingga membuat sejumlah lokasi di Majalengka yang kini jadi lebih menarik dan Instagramable.

Bahkan, saat ini Pemerintah Daerah Majalengka, juga tengah merampungkan Taman Alun-alun Majalengka dan pembangunan Skywalk Gelanggang Generasi Muda atau (Skywalk GGM) yang ditargetkan rampung pada akhir tahun 2020 mendatang.

Nah, mungkin bagi masyarakat Majalengka dan sekitarnya yang berada di luar daerah bakal kaget dengan perwajahan dan penataan di daerah berjuluk Bumi Sindangkasih ini.

Perubahan tersebut juga tidak terlepas dari peran seorang Kepala Bagian Ekonomi Pembangunan (Kabag Ekbang) Pemkab Majalengka, Irfan Nur Alam.

Kabag Ekbang Pemkab Majalengka, Irfan Nur Alam berharap, dengan dibangunnya sejumlah penataan wajah Kota Majalengka ini, bukan hanya di manfaatkan wisatawan luar daerah saja.

"Tetapi yang lebih penting, kami harapkan masyarakat Kabupaten Majalengka dapat merasakan manfaat dari penataan kawasan tersebut," Ungkap Irfan Nur Alam kepada TIMES Indonesia, Senin (7/9/2020).

Menurut Irfan, semua elemen akan dioptimalkan untuk penataan wajah perkotaan. Pemanfaatan elemen kota ini supaya Kota Majalengka itu lebih dikenal oleh siapa pun yang sedang melintas.

"Sehingga kita harapkan Kabupaten Majalengka dapat mendunia dan warga masyarakatnya pun semakin Raharja," Harapnya.

Berikut 10 Wajah Baru Majalengka

1. Pedestarian Pasar Kadipaten

Wajah Pedestarian di Pasar Kadipaten, Kabupaten Majalengka, menjadikan kawasan ini lebih menarik, karena ada perbedaan dari sebelumnya. Selain indah dan instgramable.

Di lokasi itu kini tersedia bangku panjang untuk duduk santuy. Pedestrian di kawasan ini ditata seperti di kawasan Malioboro, Jogja, DIY. Maka, tak heran kalau banyak orang yang menjuluki kawasan ini Kadipaten rasanya Malioboro.

2. Bunderan Tugu Bola Dunia

Bunderan Tugu Bola Dunia ini salah satu yang lagi digandrungi masyarakat, yakni di Jalan KH Abdul Halim Majalengka atau kawasan Bunderan Bola Dunia yang mirip dengan Universal Studio yang berada di Singapura.

Maka, tak heran kalau banyak orang yang menjuluki kawasan ini sebagai Universal Studio Singapura van Majalengka.

3. Taman Raharja

Kehadiran Taman Raharja yang tak jauh dari Bunderan Tugu Bola Dunia ini, menjadi warna tersendiri di tengah cepatnya partisipasi beragam kuliner di Kabupaten Majalengka.

Para pengunjung akan dimanjakan dengan beragam kuliner, juga bisa menghabiskan waktu bersama keluarga maupun kerabat. Di lokasi ini, masyarakat bisa menjadi salah satu tempat alternatif untuk nongkrong sambil ngopi.

4. Pulau Lalu Lintas

Untuk mempercantik wajah Kota Majalengka, kini di kawasan Bunderan Bola Dunia juga terdapat pembangunan Pulau Lalu Lintas.

Pulau Lalu Lintas sendiri merupakan median jalan yang dilengkapi dengan taman dan gemerlapnya lampu. Sehingga, menambah cantik dan indah untuk dipandang.

Kini semakin lengkap, karena kawasan tersebut menjadi tempat bagi masyarakat untuk bersantai, tempat nongkrong dan tempat berburu foto selfie.

Pembangunan Pulau Lalu Lintas sendiri ada empat titik dan sudah rampung. Selain berada di kawasan Bunderan Bola Dunia dua titik, juga terdapat satu titik di sekitar GGM Majalengka dan satu titik di Bunderan Kecap Tonjong, Majalengka.

5. Pedestarian Gelanggang Generasi Muda (GGM)

Pedestarian GGM ini tepatnya berada di gerbang menuju lapangan gelanggang generasi muda. Di lokasi, jalur pedestrian yang lokasinya sebelahan dengan Kampus UNMA itu, kini tampak cantik.

Terpampang tulisan GGM Majalengka berwarna merah yang begitu besar, diapit oleh beberapa hiasan bunga di sekelilingnya. Tak lupa, ada belasan kursi tersebar di area jalur pedestarian ini, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh warga untuk bersantai di area tersebut.

6. Gedung Tourism Information Centre (TIC)

Gedung TIC ini berada di area Pujasera, Majalengka. Bangunan ini berfungsi sebagai pusat informasi pariwisata, kebudayaan termasuk produk dan jasa unggulan di setiap kecamatan dan hal-hal yang berkaitan dengan kesenian lokal yang ada di Kota Angin.

7. Bunderan Tonjong (Bunderan Tugu Kecap)

Kehadiran Pulau Lalu Lintas yang bersampingan dengan Bunderan Tonjong (Bunderan Tugu Kecap), kini makin terlihat eksotis dan cantik. Apalagi, jika menjelang waktu Maghrib, lampu-lampu hias bersinar tampak menegaskan keindahan suasana Kota Majalengka.

Bahkan, ketika melihat Tugu Kecap, yang menurut sebagian orang abstrak tersebut, kini mulai terlihat lebih nyata. Karena ada jeruji baja, yang ketika lampu-lampu hias menyala sore hari, memantulkan aura sinar yang menakjubkan. Keindahan sebuah kota makin jelas.

8. Skywalk GGM

Diperkirakan akhir tahun 2020 ini, Majalengka akan punya destinasi wisata baru yang cocok untuk jadi tempat nongkrong. Yakni Skywalk Gelanggang Generasi Muda atau Skywalk GGM.

Destinasi wisata baru ini akan menjadi Skywalk pertama di Kabupaten Majalengka. Tempat ini pun akan menjadi lokasi nongkrong sekaligus tempat berburu foto instagramable yang keren bagi para wisatawan. Saat ini, skywalk tersebut masih pada tahapan pembangunan area publik.

9. Taman Alun-alun Majalengka

Alun-alun Majalengka, dulu hanya lapangan yang difungikan sebagai tempat upacara, serta taman bermain, kini Alun-alun akan disulap menjadi fasilitas umum dengan kelengkapan didalamnya dan akan ditargetkan rampung pada akhir tahun 2020 mendatang.

Alun-alun Majalengka ini, nantinya juga akan dijadikan taman religi yang tidak terpisahkan dengan keberadaan masjid Agung Al Imam Majalengka. Dan nanti di Alun- alun Majalengka tersebut juga tidak akan ada hiburan karena akan dijadikan taman religi.

10. Mesjid Agung Al Imam

Selain taman dan fasilitas umum, Pemkab Majalengka juga mempercantik Masjid Agung Al Imam. Masjid besar di Kabupaten Majalengka tersebut sudah tiga kali dilakukan renovasi. Namun, renovasi kali ini lebih mempercantik tampilan masjid dengan menambak kramik di setiap tiang masjid sehingga terlihat mewah. (*)

Edisi-Selasa-8-September-2020---Wisata-Majalengka.jpg



Publisher : Sholihin Nur
KOMENTAR

EKORAN

TERBARU

  • Minta Izin Pertunjukkan Kesenian, Seniman Jombang Gelar Pertunjukan di Depan Pendopo
    Minta Izin Pertunjukkan Kesenian, Seniman Jombang Gelar Pertunjukan di Depan Pendopo
    21/09/2020 - 13:31
  • Galang Dana Swadaya, Warga Dusun Kaka Pulau Morotai Bangun Masjid
    Galang Dana Swadaya, Warga Dusun Kaka Pulau Morotai Bangun Masjid
    21/09/2020 - 13:19
  • Pilbup Pacitan, MBOIS Fokus Pemberdayaan Ekonomi dan Pengentasan Kekeringan
    Pilbup Pacitan, MBOIS Fokus Pemberdayaan Ekonomi dan Pengentasan Kekeringan
    21/09/2020 - 13:13
  • Bupati Probolinggo Pimpin Operasi Yustisi Perdana
    Bupati Probolinggo Pimpin Operasi Yustisi Perdana
    21/09/2020 - 13:08
  • Kapolres Ponorogo Ingatkan Netralitas Personel
    Kapolres Ponorogo Ingatkan Netralitas Personel
    21/09/2020 - 13:01
  • Waduh! Satu Pasien Positif Covid-19 Kabur dari RSUD Indramayu
    Waduh! Satu Pasien Positif Covid-19 Kabur dari RSUD Indramayu
    21/09/2020 - 12:55
  • ASN Pemkab Bandung AYP Desak Bawaslu Lakukan Klarifikasi
    ASN Pemkab Bandung AYP Desak Bawaslu Lakukan Klarifikasi
    21/09/2020 - 12:49
  • Kejari Lamongan Serahkan Eksekusi Uang Pengganti Senilai Rp 1,2 M Atas Perkara KPU 2015
    Kejari Lamongan Serahkan Eksekusi Uang Pengganti Senilai Rp 1,2 M Atas Perkara KPU 2015
    21/09/2020 - 12:37
  • Teaching English for 21st Century Students
    Teaching English for 21st Century Students
    21/09/2020 - 12:30
  • Saat Cinta Naik Motor Sport ke Curug Cipeuteuy Majalengka
    Saat Cinta Naik Motor Sport ke Curug Cipeuteuy Majalengka
    21/09/2020 - 12:25

TIMES TV

Rahasia Tubuh Bugar dan Cantik Aktris Yurike Prastika

Rahasia Tubuh Bugar dan Cantik Aktris Yurike Prastika

17/09/2020 - 11:27

[CEK FAKTA] Pemerintah Bagikan Laptop bagi Siswa dan Guru Terdampak Covid-19

[CEK FAKTA] Pemerintah Bagikan Laptop bagi Siswa dan Guru Terdampak Covid-19
Warga SDK Santa Maria 2 Turut Rayakan HUT 33 Arema FC

Warga SDK Santa Maria 2 Turut Rayakan HUT 33 Arema FC
Hari Ulang Tahun  Arema FC, Ideologi dan Prinsip Dasar Arek-arek Malang

Hari Ulang Tahun  Arema FC, Ideologi dan Prinsip Dasar Arek-arek Malang
[CEK FAKTA] Gibran Tantang Rocky Gerung, Presiden Jokowi Serahkan Jabatan ke Prabowo

[CEK FAKTA] Gibran Tantang Rocky Gerung, Presiden Jokowi Serahkan Jabatan ke Prabowo

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Teaching English for 21st Century Students
    Teaching English for 21st Century Students
    21/09/2020 - 12:30
  • Parpol dan HAM
    Parpol dan HAM
    21/09/2020 - 10:09
  • Membaca Benturan Jelang Pilkada
    Membaca Benturan Jelang Pilkada
    21/09/2020 - 09:37
  • Pilihan Baru Organisasi Mahasiswa Baru
    Pilihan Baru Organisasi Mahasiswa Baru
    21/09/2020 - 08:55
  • Lima Keterampilan yang Harus Dimiliki Setiap Guru di Era Digital
    Lima Keterampilan yang Harus Dimiliki Setiap Guru di Era Digital
    21/09/2020 - 08:13
  • Pilkada 2020: Tunda Atau Lanjutkan?
    Pilkada 2020: Tunda Atau Lanjutkan?
    21/09/2020 - 07:39
  • Merekognisi BUMDes
    Merekognisi BUMDes
    21/09/2020 - 00:27
  • Kids Zaman Now: Bertasawuf Secara Sederhana
    Kids Zaman Now: Bertasawuf Secara Sederhana
    20/09/2020 - 12:06
  • Sadis, Dennis Rodman Tiduri Calon Pengantin Wanita Sebelum Pernikahan
    Sadis, Dennis Rodman Tiduri Calon Pengantin Wanita Sebelum Pernikahan
    21/09/2020 - 07:18
  • Rintihan Mengenaskan Model Seksi Jadi Korban Maniak Seks Dennis Rodman
    Rintihan Mengenaskan Model Seksi Jadi Korban Maniak Seks Dennis Rodman
    21/09/2020 - 08:40
  • Cerita Dennis Rodman Ikuti Pesta Liar Penuh Wanita dengan Kim Jong-un
    Cerita Dennis Rodman Ikuti Pesta Liar Penuh Wanita dengan Kim Jong-un
    21/09/2020 - 11:02
  • COVID-19 Jakarta Lampaui Singapura, TNI Siagakan 17 Hotel Berbintang
    COVID-19 Jakarta Lampaui Singapura, TNI Siagakan 17 Hotel Berbintang
    21/09/2020 - 08:08
  • Mendagri Tito Tunda 3.000 Pilkades di Seluruh Indonesia
    Mendagri Tito Tunda 3.000 Pilkades di Seluruh Indonesia
    21/09/2020 - 00:23