Wisata

10 Wajah Baru di Kabupaten Majalengka yang Semakin Eksotis

Selasa, 08 September 2020 - 01:29 | 596.82k
Bunderan Tugu Bola Dunia Majalengka. (Foto: Iman Flez for TIMES Indonesia)
Bunderan Tugu Bola Dunia Majalengka. (Foto: Iman Flez for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Bupati Majalengka H Karna Sobahi, melakukan berbagai terobosan dan ide-ide membangun Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Berbagai program prioritas terus digalakkan guna tercapainya tujuan Majalengka Religius, Adil, Harmonis dan Sejahtera (Raharja).

Kabupaten Majalengka yang dipimpin Bupati Karna Sobahi, kali ini diklaim berhasil membuat wajah Kota di Kabupaten Majalengka semakin eksotis dan menarik serta indah.

Hal tersebut tidak terlepas kebijakan mantan Wakil Bupati Majalengka dua periode ini yang ingin menjadikan Kota Angin distinasi persinggahan dan kota tujuan wisata dan penerbangan di masa mendatang.

Majalengka

Bukti nyata yang telah dilakukannya ialah, Pedestarian di Pasar Kadipaten, Bunderan Tugu Bola Dunia (Bunderan Munjul), Taman Raharja, Pendestarian GGM, Gedung Tourism Information Centre (TIC), Pulau Lalu Lintas dan Renovasi Bunderan Tugu Kecap serta lainnya.

Pembangunan tersebut telah dilaksankan pada tahun 2019 dan tahun 2020, dengan anggaran yang sangat minim. Namun hasilnya yang didapat sangat memuaskan. Sehingga membuat sejumlah lokasi di Majalengka yang kini jadi lebih menarik dan Instagramable.

Bahkan, saat ini Pemerintah Daerah Majalengka, juga tengah merampungkan Taman Alun-alun Majalengka dan pembangunan Skywalk Gelanggang Generasi Muda atau (Skywalk GGM) yang ditargetkan rampung pada akhir tahun 2020 mendatang.

Nah, mungkin bagi masyarakat Majalengka dan sekitarnya yang berada di luar daerah bakal kaget dengan perwajahan dan penataan di daerah berjuluk Bumi Sindangkasih ini.

Perubahan tersebut juga tidak terlepas dari peran seorang Kepala Bagian Ekonomi Pembangunan (Kabag Ekbang) Pemkab Majalengka, Irfan Nur Alam.

Kabag Ekbang Pemkab Majalengka, Irfan Nur Alam berharap, dengan dibangunnya sejumlah penataan wajah Kota Majalengka ini, bukan hanya di manfaatkan wisatawan luar daerah saja.

"Tetapi yang lebih penting, kami harapkan masyarakat Kabupaten Majalengka dapat merasakan manfaat dari penataan kawasan tersebut," Ungkap Irfan Nur Alam kepada TIMES Indonesia, Senin (7/9/2020).

Menurut Irfan, semua elemen akan dioptimalkan untuk penataan wajah perkotaan. Pemanfaatan elemen kota ini supaya Kota Majalengka itu lebih dikenal oleh siapa pun yang sedang melintas.

"Sehingga kita harapkan Kabupaten Majalengka dapat mendunia dan warga masyarakatnya pun semakin Raharja," Harapnya.

Berikut 10 Wajah Baru Majalengka

1. Pedestarian Pasar Kadipaten

Wajah Pedestarian di Pasar Kadipaten, Kabupaten Majalengka, menjadikan kawasan ini lebih menarik, karena ada perbedaan dari sebelumnya. Selain indah dan instgramable.

Di lokasi itu kini tersedia bangku panjang untuk duduk santuy. Pedestrian di kawasan ini ditata seperti di kawasan Malioboro, Jogja, DIY. Maka, tak heran kalau banyak orang yang menjuluki kawasan ini Kadipaten rasanya Malioboro.

2. Bunderan Tugu Bola Dunia

Bunderan Tugu Bola Dunia ini salah satu yang lagi digandrungi masyarakat, yakni di Jalan KH Abdul Halim Majalengka atau kawasan Bunderan Bola Dunia yang mirip dengan Universal Studio yang berada di Singapura.

Maka, tak heran kalau banyak orang yang menjuluki kawasan ini sebagai Universal Studio Singapura van Majalengka.

3. Taman Raharja

Kehadiran Taman Raharja yang tak jauh dari Bunderan Tugu Bola Dunia ini, menjadi warna tersendiri di tengah cepatnya partisipasi beragam kuliner di Kabupaten Majalengka.

Para pengunjung akan dimanjakan dengan beragam kuliner, juga bisa menghabiskan waktu bersama keluarga maupun kerabat. Di lokasi ini, masyarakat bisa menjadi salah satu tempat alternatif untuk nongkrong sambil ngopi.

4. Pulau Lalu Lintas

Untuk mempercantik wajah Kota Majalengka, kini di kawasan Bunderan Bola Dunia juga terdapat pembangunan Pulau Lalu Lintas.

Pulau Lalu Lintas sendiri merupakan median jalan yang dilengkapi dengan taman dan gemerlapnya lampu. Sehingga, menambah cantik dan indah untuk dipandang.

Kini semakin lengkap, karena kawasan tersebut menjadi tempat bagi masyarakat untuk bersantai, tempat nongkrong dan tempat berburu foto selfie.

Pembangunan Pulau Lalu Lintas sendiri ada empat titik dan sudah rampung. Selain berada di kawasan Bunderan Bola Dunia dua titik, juga terdapat satu titik di sekitar GGM Majalengka dan satu titik di Bunderan Kecap Tonjong, Majalengka.

5. Pedestarian Gelanggang Generasi Muda (GGM)

Pedestarian GGM ini tepatnya berada di gerbang menuju lapangan gelanggang generasi muda. Di lokasi, jalur pedestrian yang lokasinya sebelahan dengan Kampus UNMA itu, kini tampak cantik.

Terpampang tulisan GGM Majalengka berwarna merah yang begitu besar, diapit oleh beberapa hiasan bunga di sekelilingnya. Tak lupa, ada belasan kursi tersebar di area jalur pedestarian ini, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh warga untuk bersantai di area tersebut.

6. Gedung Tourism Information Centre (TIC)

Gedung TIC ini berada di area Pujasera, Majalengka. Bangunan ini berfungsi sebagai pusat informasi pariwisata, kebudayaan termasuk produk dan jasa unggulan di setiap kecamatan dan hal-hal yang berkaitan dengan kesenian lokal yang ada di Kota Angin.

7. Bunderan Tonjong (Bunderan Tugu Kecap)

Kehadiran Pulau Lalu Lintas yang bersampingan dengan Bunderan Tonjong (Bunderan Tugu Kecap), kini makin terlihat eksotis dan cantik. Apalagi, jika menjelang waktu Maghrib, lampu-lampu hias bersinar tampak menegaskan keindahan suasana Kota Majalengka.

Bahkan, ketika melihat Tugu Kecap, yang menurut sebagian orang abstrak tersebut, kini mulai terlihat lebih nyata. Karena ada jeruji baja, yang ketika lampu-lampu hias menyala sore hari, memantulkan aura sinar yang menakjubkan. Keindahan sebuah kota makin jelas.

8. Skywalk GGM

Diperkirakan akhir tahun 2020 ini, Majalengka akan punya destinasi wisata baru yang cocok untuk jadi tempat nongkrong. Yakni Skywalk Gelanggang Generasi Muda atau Skywalk GGM.

Destinasi wisata baru ini akan menjadi Skywalk pertama di Kabupaten Majalengka. Tempat ini pun akan menjadi lokasi nongkrong sekaligus tempat berburu foto instagramable yang keren bagi para wisatawan. Saat ini, skywalk tersebut masih pada tahapan pembangunan area publik.

9. Taman Alun-alun Majalengka

Alun-alun Majalengka, dulu hanya lapangan yang difungikan sebagai tempat upacara, serta taman bermain, kini Alun-alun akan disulap menjadi fasilitas umum dengan kelengkapan didalamnya dan akan ditargetkan rampung pada akhir tahun 2020 mendatang.

Alun-alun Majalengka ini, nantinya juga akan dijadikan taman religi yang tidak terpisahkan dengan keberadaan masjid Agung Al Imam Majalengka. Dan nanti di Alun- alun Majalengka tersebut juga tidak akan ada hiburan karena akan dijadikan taman religi.

10. Mesjid Agung Al Imam

Selain taman dan fasilitas umum, Pemkab Majalengka juga mempercantik Masjid Agung Al Imam. Masjid besar di Kabupaten Majalengka tersebut sudah tiga kali dilakukan renovasi. Namun, renovasi kali ini lebih mempercantik tampilan masjid dengan menambak kramik di setiap tiang masjid sehingga terlihat mewah. (*)

Edisi-Selasa-8-September-2020---Wisata-Majalengka.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES