Peristiwa Nasional

Abaikan Protokol Kesehatan, Pemkot Cirebon Siapkan Sanksi

Senin, 07 September 2020 - 22:01 | 30.95k
Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis melakukan sidak masker di Pasar Perum Kota Cirebon (FOTO: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)
Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis melakukan sidak masker di Pasar Perum Kota Cirebon (FOTO: Ayu Lestari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBONPemkot Cirebon akan menerbitkan peraturan daerah yang mengharuskan masyarakat Kota Cirebon untuk menggunakan masker saat keluar rumah dan menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Jika Perda tersebut telah selesai, maka masyarakat yang melanggar akan dikenakan sanksi denda, sosial bahkan penutupan bagi pengusaha yang tak menerapkan protap Covid-19.

Nashrudin-Azis-3.jpg

Demikian yang disampaikan Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis, kepada wartawan di sela kegiatan monitoring dan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol Covid-19, Senin (7/9/2020).

"Sanksi ini nanti akan kita tentukan pada perda ini dan akan ada kajian khusus, nanti ada sanksi sosial, bahkan sanksi penutupan yang berlaku buat pengusaha yang tak patuh," kata Azis.

Azis mengakui selama 4 hari menegur masyarakat dan pemilik toko, jika diprosentasekan yang menggunakan masker dengan baik hanya 60% saja.

Nashrudin-Azis-4.jpg

"Yang 40% nya itu tidak ada yang memakai atau salah penggunaannya, walaupun yang tidak menggunakan masker sedikit tetapi ini akan menjadi penyebab penularan Covid," kata Azis.

"Kita akan upayakan mendekati 100% menggunakan semua masker karena kluster penyebaran Covid bukan saja di pasar atau di toko-toko, tapi di kluster keluarga," tambah Azis.

Oleh karena itu, Azis mengintruksikan Camat, lurah hingga tingkat RT/RW mengkampanyekan bahayanya Covid-19 dan pentingnya memakai masker atau menerapkan protap Covid-19.

"Kota Cirebon masih zona merah, ini sudah berbahaya, kita tidak ingin Pemkot Cirebon mengambil kebijakan PSBB lagi karena tidak menguntungkan secara ekonomi, sehingga saya turun tangan langsung dengan tujuan agar masyarakat disiplin menggunakan masker," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES