Peristiwa Daerah

Pilurdes Serentak di Bantul Diikuti 75 Calon Lurah

Senin, 07 September 2020 - 21:35 | 29.80k
Kepala Bagian Asministrasi Pemerintah Desa Pemkab Bantul Kurniantoro saat memberikan keterangan kepada media. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Kepala Bagian Asministrasi Pemerintah Desa Pemkab Bantul Kurniantoro saat memberikan keterangan kepada media. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANTUL – Pemilihan Lurah Desa (Pilurdes) serentak di Bantul akan diikuti 75 Calon Lurah. Menyusul dilakukannya penetapan nomor urut Calon Lurah di 24 desa oleh Pemkab Bantul, Senin (7/9/2020).

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa Setda Bantul Kurniantoro menyampaikan pernyataan ini saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Kurniantoro menjelaskan awalnya terdapat 84 pendaftar bakal calon lurah, namun dalam seleksi administrasi 9 bakal calon lurah gugur. Dengan gugurnya 9 kandidat ini dipastikan tidak ada seleksi tertulis. Sebelumnya seleksi tertulis berpotensi dilakukan di Desa Srimulyo Piyungan. Menyusul terdapatnya 7 pendaftar. Namun dalam seleksi administrasi 5 pendaftar gugur.

Kurniantoro memastikan tidak terdapat pelaksanaan Pilurdes yang diundur, sebab berdasarkan aturan baru bila hanya terdapat satu calon maka pelaksanan Pilurdes diundur. Tidak seperti aturan sebelumnya dengan mekanisme melawan kotak kosong. Berdasarkan data jumlah calon lurah di setiap desa minimal 2. Bahkan di Sendangsari Pajangan dan Jambidan Banguntapan masing-masing terdapat 5 calon lurah.

"Tidak ada lagi calon lurah yang melawan kotak kosong," jelas Kurniantoro.

Setelah diumumkan oleh Pemkab Bantul hingga 15 September 2020, nama dan nomor urut Calon Lurah pada Pilurdes serentak di Bantul akan diumumkan di setiap desa 9-17 September 2020. Selanjutnya terdapat jeda waktu hingga 21 Desember 2020. Untuk memasuki tahap kampanye, hari tenang dan pemungutan suara pada 27 Desember 2020. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES