Pendidikan

Pertamina Bantu Biaya Pendidikan 100 Siswa SMP di Surabaya Selama Pandemi

Senin, 07 September 2020 - 19:31 | 55.81k
Foto : Penandatanganan nota kesepahaman bantuan pendidikan dari Pertamina senilai Rp 300 juta bagi siswa SMP di Kota Surabaya, Senin (7/9/2020).(Dok.Pertamina)
Foto : Penandatanganan nota kesepahaman bantuan pendidikan dari Pertamina senilai Rp 300 juta bagi siswa SMP di Kota Surabaya, Senin (7/9/2020).(Dok.Pertamina)

TIMESINDONESIA, SURABAYAPertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus membantu meringankan biaya pendidikan siswa dari keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kota Surabaya yang secara ekonomi terdampak di masa pandemi ini.

Sebanyak 100 siswa Sekolah Menegah Pertama (SMP) yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya ini akan menerima bantuan biaya pendidikan sebesar Rp 250.000  setiap bulannya, atau sebesar Rp 3 juta selama setahun penuh.

Nota kesepahaman bantuan pendidikan senilai Rp 300 juta tersebut dilakukan pada Senin (7/9/2020) di Balai Kota Surabaya.

Pertamina a

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji menyampaikan, dampak ekonomi akibat Covid-19 memberikan efek nyata bagi keberlangsungan kesempatan pendidikan anak-anak dari keluarga MBR.

Pertamina berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya, mencoba memberikan solusi bagi potensi permasalahan ini. Selain biaya pendidikan, kebutuhan lain anak-anak dalam melangsungkan kegiatan belajar mengajar menjadi perhatian dari Pertamina

"Salah satunya yang sekarang bisa terlihat dengan kebijakan sekolah daring (dalam jaringan), ada kebutuhan biaya baru untuk menyediakan kuota data agar bisa terhubung  dengan pihak sekolah selama kegiatan belajar mengajar berlangsung," ujar Rustam.

Pertamina b

Melalui Pertamina Peduli Penanggulangan COVID-19, selain menyalurkan bantuan alat kesehatan ke rumah sakit, paramedis, dan masyarakat, Pertamina juga berkomitmen membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi.

Salah satunya, untuk anak-anak yang kurang mampu yang perekonomian keluarganya menurun akibat terdampak pandemi Covid-19, agar tetap termotivasi melanjutkan pendidikannya di jenjang pendidikan formal.

"Atas nama Pemerintah Kota Surabaya, dan juga anak-anak yang menerima bantuan pendidikan ini, saya matur nuwun, berterima kasih untuk semua instansi, lembaga, yayasan, dan semua pihak yang telah membantu beasiswa pendidikan bagi siswa ini," ujar Tri Rismaharini, Walikota Surabaya, dalam sambutan acara.

Risma juga berharap, dengan bantuan ini, anak-anak dari MBR, tidak perlu lagi bingung dan khawatir dari mana mereka mendapatkan biaya untuk sekolah, tidak ada lagi yang meminta-minta atau melakukan tindak kejahatan untuk mencari biaya pendidikan.

Bantuan ini juga sebagai tambahan bagi setiap anak MBR agar dapat membeli buku, baju, dan peralatan sekolah agar tidak perlu lagi memikirkan biaya-biaya tambahan pendukung untuk sekolah.

Semenjak 2017 sampai saat ini, Pertamina MOR V sudah menyalurkan bantuan bidang pendidikan sebesar Rp 1,7 Milyar di Kota Surabaya, yang disalurkan dalam bentuk sarana, prasarana maupun biaya pendidikan. Hal ini sebagai bentuk peranan lebih Pertamina dalam wujud nyata BUMN Untuk Indonesia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES