Peristiwa Internasional

Dampak Popularitas BTS, Pemasukan Ekonomi Korea Selatan Meroket

Senin, 07 September 2020 - 20:57 | 128.75k
boy band BTS. (FOTO: Intip Selep)
boy band BTS. (FOTO: Intip Selep)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dampak singel 'Dynamite' dari grup K-Pop, BTS menaikkan pemasukan ekonomi Korea Selatan dengan total 1,7 triliun Won atau setara Rp 21, 1 miliar.

Mengutip dari Kompas.com, Senin (7/9/2020), Pusat Penelitian Industri Budaya dari Institut Kebudayaan dan Pariwisata Korea membagikan analisis terhadap penjualan Big Hit Entertainment, pernyataan input output Bank of Korea, statistik bea cukai, impor, dan ekspor perdagangan Layanan Bea Cukai Korea, dan volume penelusuran tren Google dari 'Dynamite'.

Penjualan dari segala aspek tersebut telah telah mencapai 245,7 miliar won atau Rp 3,05 triliun. Untuk peningkatan ekspor barang dagangan terkait kosmetik, makanan, dan pakaian diperkirakan mencapai sekitar 371,7 miliar won (Rp 4,6 triliun). 

Lalu, efek pemicu produksi yang dihasilkan, diperkirakan mencapai 1,2 triliun won atau Rp 14,9 trilun. Efek dorongan nilai tambah diperkirakan bernilai 480,1 miliar won (Rp 5,96 triliun).

Serta efek yang mendorong pekerjaan diperkirakan 7.928 orang. Hasil tersebut tidak termasuk efek menarik turis asing karena adanya penyebaran Covid-19. Namun hasil yang sebenarnya dicapai BTS jauh melebihi angka ini.

Mereka tidak hanya memberikan semacam pengobatan untuk orang-orang di seluruh dunia yang menderita Covid-19, tetapi mereka juga menjadi kebanggaan budaya Korea Selatan sekali lagi," ujar Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, Park Yang Woo yang turut berkomentar atas raihan ini. 

Sebelumnya itu, BTS juga meraih posisi pertama tangga lagu Billboard Hot 100 di Amerika Serikat. Atas raihan itu, menjadikan Jin dan kawan-kawan sebagai grup pertama asal Korea Selatan yang bisa mendapatkan posisi tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES