Glutera News

Cara Menyuburkan Rambut yang Benar

Senin, 31 Agustus 2020 - 13:33 | 108.68k
(FOTO: Glutera.Com)
(FOTO: Glutera.Com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sering kali rambut dianggap sebagai salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilan. Tak jarang orang yang rela mengeluarkan kocek lebih untuk merawat rambutnya, salah satunya untuk menyuburkan rambut

Hmm, siapa sih yang tidak ingin memiliki rambut tebal, berkilau, sehat, dan bebas dari ketombe? Tidak hanya perempuan, laki-laki juga merasa khawatir saat rambut mulai menipis.

Banyak orang menginginkan rambut yang tampak lebat. Berbagai cara dilakukan, mulai dari perawatan rambut hingga mengonsumsi suplemen tertentu. Mari simak cara menyuburkan rambut yang efektif.

Fungsi-Glutera-Col.jpg

Rambut sudah tumbuh sejak janin di dalam kandungan berusia 22 minggu. Pada tahap ini ada sekitar lima juta folikel (kantung tempat rambut tumbuh) di seluruh tubuh dengan 1 juta di antaranya ada di kepala. Namun semakin bertambah usia seseorang, kepadatan rambut semakin berkurang. Hal ini terjadi karena kulit kepala makin lebar sementara folikel tidak diproduksi lagi.

Selain folikel rambut, pemakaian produk perawatan rambut yang berbahan keras dan penataan yang membuat rambut tertarik-tarik menjadikan rambut mudah rontok. Untuk mendapatkan rambut yang subur, kulit kepala harus sehat. Kulit kepala yang sehat akan membuat rambut tumbuh subur, lebat, berkilau, dan mudah diatur.

Cara Menyuburkan Rambut

Cara menyuburkan rambut yang paling penting untuk dilakukan adalah menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Untuk mendukung kesehatan rambut dan kulit kepala, lakukan hal-hal berikut:

1. Memenuhi kebutuhan protein kolagen

Penuhi kebutuhan protein kolagen karena komposisi utama rambut adalah protein. Sekitar 45 gram protein kolagen wajib dikonsumsi setiap harinya untuk mendukung kesehatan rambut. Jika kekurangan, rambut menjadi rapuh dan kusam.

2. Memenuhi kebutuhan vitamin B dan D

Vitamin B kompleks selain penting untuk mengatur metabolisme tubuh dan menjaga sistem saraf pusat, juga berguna bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. 

Sementara itu, vitamin D diklaim bisa mengaktifkan kembali folikel rambut yang tidak aktif, meski tidak ada jaminan bahwa folikel selalu menghasilkan rambut. 

3. Memenuhi kebutuhan zinc

Selain protein dan vitamin, mineral seperti zinc juga dibutuhkan untuk mencegah rambut rontok. Zat ini bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan dari air minum Jika perlu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc.

4. Mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3

Asupan omega-3 yang cukup, baik untuk mendukung kesehatan folikel rambut dan merangsang kelenjar minyak. Walau tidak menyebabkan pertumbuhan rambut, omega-3 dipercaya mampu meningkatkan kesehatan kulit kepala. 

5. Menggunakan hair tonic serum

Di samping asupan makanan bergizi, cara menyuburkan rambut juga bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak esensial atau terangkum dalam produk hair tonic serum. Hair tonic srum ditengarai dapat menyuburkan rambut karena mengandung asam linoleat. Selain itu, juga bisa digunakan untuk menstimulasi akar rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan meningkatkan sirkulasi di kulit kepala. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES