Pendidikan

Desa ‘Budaya’ Aliyan Banyuwangi Kini Punya Pondok Pesantren

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 23:19 | 71.56k
Kepala Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, saat menghadiri peresmian Pondok Pesantren Al Falah, di Dusun Damrejo. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Kepala Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, saat menghadiri peresmian Pondok Pesantren Al Falah, di Dusun Damrejo. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIDesa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur kini punya Pondok Pesantren (Ponpes). Namanya Ponpes Al Falah, bertempat di Dusun Damrejo.

Keberadaan pesantren di bawah asuhan Ustaz Infitahudin ini makin melengkapi sektor pendidikan didesa yang kental akan budaya tersebut.

Desa-Aliyan.jpg

“Alhamdulillah, semoga bisa bermanfaat bagi putra putri, generasi muda dan masyarakat,” ucap Kepala Desa (Kades) Aliyan, Anton Sujarwo SE, usai peresmian Ponpes Al Falah, Sabtu malam (15/8/2020).

Sebagai muslim, Anton mengaku sangat bangga dan berbahagia atas berdirinya pesantren diwilayahnya. Menurutnya, keberadaan pesantren selaku pendidikan asli Nusantara, sangat penting. Untuk memperdalam ilmu agama, selaku pondasi dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

“Menjadi tempat bagi seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan wawasan agama guna membentuk akhlak yang mulia,” ungkapnya.

Pada kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat ini, juga dilakukan proses serah terima bantuan alat musik hadrah. Dari Anton, yang juga Ketua Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Banyuwangi (Askab) kepada pengasuh pesantren.

Desa-Aliyan--v.jpg

“Sebagai bukti dukungan, kami juga mengupayakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, guna mendukung tumbuh kembang pesantren,” cetus Anton.

Peresmian Pondok Pesantren Al Falah, di Dusun Damrejo, Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, ini dihadiri oleh perwakilan tokoh dan ulama. Termasuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Dan seluruh masyarakat menyambut berdirinya pesantren dengan penuh suka cita. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES