Peristiwa Daerah

Lima Fotografer Pameran di The Ambarrukmo Hotel Yogyakarta

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 21:36 | 52.64k
Sebuah karya fotografi dinding yang dipamerkan di PORTA by The Ambarrukmo Hotel Yogyakarta. (FOTO: Hendro S.B/TIMES Indonesia)
Sebuah karya fotografi dinding yang dipamerkan di PORTA by The Ambarrukmo Hotel Yogyakarta. (FOTO: Hendro S.B/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Peringatan HUT 75 RI menjadi momentum berharga bagi PORTA by The Ambarrukmo Hotel Yogyakarta. Ya, untuk kali pertama hotel tersebut berpartisipasi dalam peringatan kemerdekaan dengan merangkul 5 fotografer lokal Yogyakarta.

Kelima fotografer Yogyakarta tersebut memamerkan sejumlah karya mereka masing-masing di Lobby PORTA by The Ambarrukmo Hotel. Pameran fotografi kali ini membawakan tema “RUPA RASA INDONESIA” yang diselenggarakan pada 15 Agustus hingga 15 September 2020.

fotografi-dinding-3.jpg5 fotografer muda kota Yogyakarta yang mengikuti ajang pameran fotografi di PORTA by The Ambarrukmo Hotel Yogyakarta. (FOTO: Hendro S.B/TIMES Indonesia)

Pameran fotografi ini pun menyajikan karya yang sangat variatif oleh masing-masing fotografer. Mereka yang menjadi exhibitors pada pameran tersebut diantaranya Wimbo Prakoso, Gede Wira, Asyabilla, Yuliana Nurta serta Rio Pharaoh.

Dalam kesempatan tersebut, Rio mengungkapkan bahwa pameran kali ini melibatkan para fotografer muda yang secara variatif memamerkan sejumlah karya-karyanya. Meski terhalang persoalan pandemi Covid-19, baginya ini merupakan sebuah tantangan dan bukan halangan untuk menciptakan sebuah karya seni.

“Kami tidak hanya sekedar menunggu saja tapi harus bisa memproduksi sesuai dengan passionnya masing-masing. Karena sebuah karya tidak akan pernah ada habisnya,” katanya di sela-sela acara pameran, Sabtu (15/8/2020).

fotografi-dinding-2.jpg

Mengenai tema karya pameran, Rio mengaku kali ini fotografer lainnya mengangkat tema siluet yang artinya adalah sebuah “hope” atau harapan. Menurutnya, tema siluet ini merupakan simbol gelap yang diartikan sesuai dengan keadaan saat ini.

“Saya melihat saat ini ada hope di tengah-tengah kegelapan dan semua orang berharap situasi seperti ini akan segera berakhir,” imbuhnya.

Meskipun sejumlah karya fotografer tersebut berbeda-beda, lanjutnya menambahkan, tetap pada satu tema besar yaitu nusantara. Namun ada beberapa genre dari mereka yang dipamerkan baik portrait maupun landscape.

Fotografer muda kota Yogyakarta tersebut berharap karya-karya fotografer terus mendapatkan perhatian dan dihargai oleh semua pihak baik dari pemerintah maupun masyarakat Indonesia. Tentu hal ini menjadi pedoman bagi para fotografer muda untuk meningkatkan kualitas serta kuantitasnya.

Sementara itu, Cluster Marcomm PORTA by The Ambarrukmo Hotel Yogyakarta, Aprillian Laili mendedikasikan acara pameran tersebut kepada para fotografer muda di kota Yogyakarta yang memang memiliki kemampuan serta optimism tinggi. “Kami juga mengajak para penikmat foto untuk hadir mengapresiasi karya serta talkshow bersama para fotografer di PORTA by The Ambarrukmo,” tutur Laili. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES