Peristiwa Daerah

8 Ribuan Rumah Tangga di Sungai Lilin Bakal Tersambung Jargas

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 21:40 | 51.96k
Groundbreaking Jaring Gas di Sungai Lilin (Foto: Komindo Muba)
Groundbreaking Jaring Gas di Sungai Lilin (Foto: Komindo Muba)

TIMESINDONESIA, SEKAYU – Masyarakat Sungai Lilin, Musi Banyuasin bakal menikmati jaringan gas. Pemkab Musi Banyuasin berhasil mewujudkan  8.162 sambungan jaringan gas (jargas) bumi untuk rumah tangga di Kecamatan Sungai Lilin dari Kementrian ESDM.

"Kita terus meminta kepada Kementerian ESDM agar pasokan jargas rumah tangga di Muba ini menjadi prioritas,"ungkap Bupati Muba Dodi Reza Alex di sela ground breaking pembangunan Jargas Rumah Tangga di Kantor Camat Sungai Lilin, Sabtu (15/8/2020).

Menurut Dodi, tiga tahun lalu Muba pertama kali memasang 6000 sambungan jaringan gas rumah tangga di Kota Sekayu. Waktu itu pertama kali Muba dapat alokasi jaringan gas rumah tangga.

Groundbreaking-Jaring-Gas-b.jpg

"Kala itu di kota Sekayu Pak Sekda juga ikut turun masuk ke rumah-rumah penduduk ke desa-desa yang selama ini pakai kompor minyak tanah. Dengan jargas warga tinggal putar kompor dan gas langsung menyala,  keluar si api biru,"ungkap Mantan Anggota DPR RI ini.

Sementara Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ir H Alex Noerdin SH, MM yang hadir dalam acara ini menjelaskan, Kabupaten Muba adalah salah satu penghasil gas terbesar di Indonesia. Calon pelanggan terdaftar kurang lebih 50.000.

"Saya minta silakan tahun depan 50.000 sambungan rumah jargas untuk Musi Banyuasin di 3 Kecamatan yang lain," tegas mantan Gubernur Sumsel dua periode ini.

Alex yang juga mantan Ketua Bupati se-Indonesia ini meyakini Muba harus menjadi prioritas sambungan jargas rumah tangga.

"Tahun depan mungkin belum tercapai 50 ribu jargas. Tapi dengan capaian 48 ribu jadilah 2 ribunya nyusul tahun selanjutnya. Karena dari sinilah asal gas itu, wajar dari sinilah asal minyak bumi itu," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : Palembang TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES