Peristiwa Daerah

Warga Cirebon Datangi Tugu Proklamasi Jelang HUT ke 75 RI

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 21:33 | 46.43k
Kegiatan peringatan Proklamasi Kemerdekaan 15 Agustus 1945. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Kegiatan peringatan Proklamasi Kemerdekaan 15 Agustus 1945. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Sejumlah masyarakat Cirebon memadati Tugu Proklamasi yang bersda di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (15/8/2020).

Masyarakat yang terdiri dari berbagai kalangan, ormas dan OKP tersebut memperingati peristiwa bersejarah di tugu itu. Yakni, pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dua hari sebelum pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 di Jakarta.

Menurut Ketua GM FKPPI Dany Jaelani, kegiatan ini bertujuan untuk mengenang sejarah Pra Piala Kemerdekaan yang ada di Kota Cirebon. Karena pada peristiwa tanggal 15 Agustus 1945 silam, merupakan salah satu hari Pra Proklamasi yang harus diketahui oleh masyarakat Cirebon.

"Tanggal 15 Agustus 1945 merupakan peristiwa bersejarah di Cirebon, maupun Indonesia," sebutnya.

Adapun peristiwa Proklamasi 15 Agustus 1945 di Cirebon ini, lanjutnya, tidak menganulir Proklamasi yang sesungguhnya yang berada di Jakarta. Sebab, Pra Proklamasi merupakan bagian dari perjalanan sejarah menuju proklamasi yang sebenarnya.

"Karena itulah didirikan Tugu Proklamasi di sini sebagai peringatan peristiwa bersejarah tersebut, dan menjadi salah satu ikon sejarah Kota Cirebon dan Indonesia tentunya," kata Dany.

Dany menyebutkan, peringatan Pra Proklamasi tersebut sudah memasuki tahun keempat yang diselenggarakan. Biasanya, kegiatannya diselenggarakan pada malam hari.

“Namun karena ini sedang ada wabah Covid-19 jadi kita putuskan untuk siang hari dan tidak berlama-lama," tuturnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Cirebon

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES