Ekonomi

Tips Kembalikan Skor Kredit yang Terlanjur Buruk dalam Pinjaman Perbankan

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 17:24 | 181.82k
Ilustrasi Kartu Kredit. (jd.id)
Ilustrasi Kartu Kredit. (jd.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam memberikan pinjaman perbankan oleh pihak kreditur, tentu yang menjadi dasar pertimbangan adalah skor kredit seorang calon nasabah. Jika skornya bagus, maka sudah dipastikan pinjaman akan segera disetujui. Begitu juga sebaliknya, pengajuanpun bisa ditolak.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengembalikan skor kredit yang sudah terlanjur buruk? Tentu saja Anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembalikan skor kredit tersebut ke angka yang lebih sehat.

Produk pinjaman KTA Kilat dari lembaga perbankan profesional seperti KTA Mandiri, KTA BCA, Maybank, atau CIMB Niaga tentunya akan mengecek terlebih dari SLIK OJK sebagai bahan pertimbangan untuk menyetujui aplikasi pinjaman Anda.

Namun Anda tak perlu khawatir, ada banyak jalan yang bisa dicoba untuk dapat mengembalikan skor kredit menjadi bagus. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan skor kredit.

1. Hindari telat bayar cicilan

Salah satu hal yang dapat membuat skor kredit Anda buruk adalah telat dalam membayar cicilan tagihan kredit seperti kartu kredit.. Sebagai seorang debitur tentunya Kita memiliki kewajiban untuk membayar tagihan tepat waktu dan membayar cicilan sesuai dengan tagihan yang keluar setiap bulannya.

Jika Kita tepat waktu dalam membayar tagihan tentunya skor kredit yang Anda miliki pun akan menjadi lebih bagus.

Untuk dapat mengecek skor kredit yang dimiliki, Anda bisa langsung mengeceknya di iDeb SLIK OJK. Caranya, tinggal datang ke kantor OJK dan sampaikan dengan petugas bahwa Anda ingin memeriksa skor kredit yang dimiliki. Dalam laporan kualitas kartu kredit biasanya setiap nasabah akan memperoleh beberapa skor sebagai berikut ini.

Skor 1 menandakan skor kredit lancar dan tidak pernah menunggak cicilan.

Skor 2 menandakan Dalam Perhatian Khus (DPK) yang mendakan pernah mengalami beberapa hari menunggak cicilan.

Sementara untuk skor 3 hingga 5 menandakan pernah menunggak cicilan yang cukup lama. Jika mendapatkan skor ini, berarti Anda akan lebih dipersulit untuk mendapatkan pinjaman maupun pembiayaan dari perusahaan pembiayaan.

Jika telat membayar tagihan selama tiga bulan, maka 12 bulan kedepan Anda harus membayar tagihan lebih tepat waktu usahakan pula membayar kurang dari tanggal jatuh tempo.

2. Manfaatkan kartu kredit untuk kembalikan skor kredit

Jika memiliki kartu kredit, bisa cukup bersyukur terlebih jika transaksi kartu kredit tersebut lancar. Dengan mempergunakan kartu kredit dengan baik, skor kredit bisa diperbaiki. Terlebih jika pembayaran kartu kredit Anda tidak menunggak atau overlimit. Untuk menyiasatinya, bayarlah tagihan sebelum tanggal jatuh tempo dan gunakan sesuai kebutuhan, sehingga skor kredit bisa diperbaiki.

Jika memiliki cicilan, maka bayarlah tepat waktu. Pembayaran yang semakin tepat waktu akan semakin membuka peluang skor kredit menjadi lebih bagus dan nama Anda pun akan hilang dari daftar hitam SLIK OJK.

3. Memastikan kembali tak miliki cicilan yang masih tertunggak

Meskipun Anda memiliki kemampuan untuk membayar tagihan tepat waktu, namun sering kali Kita sulit untuk mengembalikan skor kredit menjadi lebih baik. Hal tersebut bisa terjadi apabila memiliki cicilan yang tidak terbayar sepenuhnya entah karena lupa, hingga muncul di luar sepengetahuan kita sebagai nasabah.

Jika hal tersebut terjadi, ingat-ingat kembali daftar tagihan yang sekiranya belum dibayarkan dengan lunas. Untuk lebih mudahnya, bisa mengecek langsung di iDeb SLIK OJK.

Dengan mengecek di iDeb SLIK OJK, Anda bisa melihat cicilan apa saja yang menjadi tanggungan hingga saat ini. Jika menemukan cicilan yang tak pernah diambil seperti pemakaian kartu kredit yang tidak wajar, maka bisa sekaligus melaporkannya pada pihak OJK agar skor kredit dapat dikembalikan.

4. Konsisten bayar tagihan yang berjalan hingga skor kredit menjadi bagus

Seperti telah disinggung di atas, salah satu hal yang dapat membuat skor kredit menjadi lebih bagus adalah konsisten dalam membayar tagihan yang berjalan. Di lain sisi, untuk mengembalikan skor kredit membutuhkan waktu yang tidak sebentar setidaknya setahun agar iDeb SLIK Anda benar-benar bersih.

Untuk menghindari cicilan yang berlebihan dan dapat mengganggu pemasukan Anda, pastikan kembali cicilan yang diambil besarannya tak lebih dari 30% dari pemasukan. Hal ini penting untuk menjaga agar beban keuangan tak semakin berat, selain itu Anda pun bisa mengalokasikan dana yang dimiliki untuk keperluan yang lebih produktif, seperti membuka usaha baru hingga investasi.

Bayar Tepat Waktu dan Prioritaskan Kebutuhan

Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam upaya mengembalikan skor kredit menjadi lebih baik. Selalu belajar dari kesalahan agar keuangan tak terganggu. Bayarlah tagihan tepat waktu dan hindari membeli barang yang sifatnya konsumtif sehingga membebani keuangan. Gunakan dana pinjaman perbankan sebijak mungkin sehingga tak menyesal di kemudian hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES