Pendidikan

Unik, IAIN Jember Laksanakan Wisuda Drive Thru

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 13:27 | 28.30k
Salah seorang wisudawan di IAIN Jember saat mengikuti proses wisuda secara drive thru. Ada yang menggunakan mobil, sepeda dan motor (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Salah seorang wisudawan di IAIN Jember saat mengikuti proses wisuda secara drive thru. Ada yang menggunakan mobil, sepeda dan motor (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JEMBER – Di tengah pandemi Covid-19, Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Jember menggelar wisuda, Sabtu (15/8/2020). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini digelar wisuda Drive Thru di mana wisudawan menggunakan kendaraan baik motor, mobil, becak dan sepeda. 

Cara drive thru sengaja dipilih oleh Pimpinan IAIN Jember, karena untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Selain itu, pelaksanaan wisuda drive thru juga menggunakan protokol kesehatan yang cukup ketat. 

Bahkan, seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan wisuda drive thru, seperti senat, panitia, dan peserta harus menjalani rapid test terlebih dahulu.  Ia mengaku pihaknya sengaja menggunakan protokol kesehatan yang cukup ketat, karena tingkat penyebaran virus corona masih tinggi.

"Untuk itu, kita wajibkan seluruh yang terlibat dalam pelaksanaan wisuda, harus melakukan rapid test terlebih dahulu, dan hasilnya harus non reaktif. Jika reaktif, maka tidak boleh ikut dalam kegiatan wisuda,” ungkap Rektor IAIN Jember, Prof Babun Suharto. 

Dari pantauan di lapangan, proses pelaksanaan wisuda drive thru, hanya wisudawan saja yang turun dari kendaraan untuk dilakukan proses pemindahan tali topi toga. Setelah itu, mereka kembali kendaraan masing- masing dan langsung pulang. 

“Ada beberapa pos pemeriksaan yang harus dilalui oleh wisudawan. Jadi, sebelum dilakukan pemindahan tali topi toga, mereka juga dilakukan pemeriksaan suhu, kemudian tangan disemprot dengan handsanitizer. Kita pastikan bahwa protokol kesehatan benar- benar dijalankan,” ucapnya. 

Dari total 302 wisudawan yang mendaftar, yang mengikuti proses wisuda drive thru sebanyak 290 orang. “Kami tidak tahu pasti, mengapa ada yang tidak ikut. Bisa jadi karena factor penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat,” tambah Prof Babun. 

Prof Babun juga berterima kasih kepada tim gugus tugas Covid -9 Kabupaten Jember, yang juga ikut melakukan supervise secara langsung, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan wisuda drive thru. 

“Kami mengucapkan terima kasih juga kepada seluruh jajaran panitia, karena berkat kerja keras panitia, acara wisuda drive thru pertama kali ini berlangsung dengan lancer dan sukses,” katanya. 

Salah satu wisudawan Lilis Isnaini, mengaku cukup senang dengan wisuda drive thru ini. “Momen ini sangat bersejarah bagi kami, karena wisuda model begini termasuk baru, apalagi ini pertama kali dilakukan di IAIN Jember. Tentu, saya merasa senang karena menjadi bagian dari sejarah ini,” kata Wisudawan Program Pasca Sarjana Prodi PGMI ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES