Pemerintahan

Gubernur Maluku Utara Temui Kepala BNPB Doni Monardo di Jakarta, Ada Apa?

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 13:43 | 60.41k
Kepala BNPB Doni Monardo bersama Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba. (FOTO: Dok. BPBD Malut)
Kepala BNPB Doni Monardo bersama Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba. (FOTO: Dok. BPBD Malut)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Baru-baru ini terjadi hujan lebat sekitar dua minggu di wilayah Maluku Utara, yang mengakibatkan banjir hampir di 10 kabupaten/kota. Atas peristiwa itu, Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba didampingi Kepala Pelaksana BPBD Yunus Badar menemui Kepala BNPB Doni Monardo di kantornya di Jakarta, Jumat (14/8/2020).

"Pak Gubernur melaporkan sekaligus menyerahkan proposal permohonan ke BNPB dalam rangka untuk perbaikan infrastruktur yang rusak diakibatkan oleh banjir," terang Kepala Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik (PKKP) Mulyadi Tutupoho kepada TIMES Indonesia, Sabtu (15/8/2020).

Sebelum menemui Doni Monardo, Pemprov Malut juga sebelumnya telah menyalurkan bantuan kepada korban bencana di Kabupaten Pulau Morotai, Kepulauan Sula, dan Halmahera Barat. Berikutnya kata Mulyadi, akan ditindaklanjuti di Halmahera Selatan dan, Halmahera Utara, dan Halmahera Barat. 

Mantan Ketua KPUD Malut ini menjelaskan, kerusakan yang terjadi akibat banjir meliputi jembatan, tebing sungai dan talud. Oleh karena itu, Gubernur juga meminta kepada BNPB melalui dana DSP dan dana rehabilitasi (dana hibah). Sementara untuk kebutuhan yang mendesak, dimasukkan untuk menggunakan dana DSP agar dapat ditangani secepatnya, karena dana tersebut sudah siap pakai.

"Sementara untuk yang kedua, kita masukkan ke dalam dana hibah pasca bencana dan itu Pak Gubernur sudah langsung komunikasi dengan Pak jenderal Doni yang didampingi oleh sekretaris utama BNPB," imbuhnya. 

Disamping itu, Abdul Gani Kasuba juga mendorong adanya bantuan transportasi laut, yang selama ini masih menjadi kendala, mengingat Maluku Utara merupakan daerah kepulauan.

Terkait hal itu, Jubir Pemprov Malut itu mengaku kunjungan Gubernur Maluku Utara itu mendapat respon positif dari Kepala BNPB Doni Monardo. "Permintaan Pak Gub langsung direspon baik oleh Pak jenderal dan dalam waktu dekat itu insyaallah," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES