Peristiwa Daerah

Agus Salim Sulap Cangkang Telur Jadi Barang Bernilai

Jumat, 14 Agustus 2020 - 23:28 | 70.81k
Agus Salim (rambut gondrong) menunjukan hasil lukisan dari cangkang telur. (FOTO: Irman PRMN/Hermawan Septianto/TIMES Indonesia)
Agus Salim (rambut gondrong) menunjukan hasil lukisan dari cangkang telur. (FOTO: Irman PRMN/Hermawan Septianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CILACAP – Ketekunan Agus Salim (28) warga Dusun Surowani, Desa Kawunganten Lor, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah patut diapresiasi. Ini karena Agus mampu mengubah sampah cangkang telur menjadi sebuah lukisan yang bernilai.

 Agus bercerita, umat (14/8/2020), dirinya terinspirasi dari ibunya yang kesehariannya berjualan mie ayam dirumah, dalam pembuatan mie, selalu menggunakan telur.

Dari banyaknya cangkang telur yang terbuang, Agus berinisiatif memanfaatkan cangkang telur tersebut sebagai media untuk melukis.

Prosesnya, setelah cangkang telur dibersihkan, kemudian direbus dengan pewarna alami dari daun pohon jati hingga mendidih.

Kemudian hasil rebusan tersebut, dijemur hingga benar-benar kering, dan selanjutnya dijadikan media lukisan sesuai pesanan. Biasanya konsumen membawa contoh foto yang akan dilukis menggunakan cangkang telur.

Untuk mendapat cangkang telur, Agus bekerjasama dengan pedagang martabak, nasi goreng, serta pedagang di Pasar Kawunganten. Karena hanya mengandalkan cangkang telur dirumah terkadang tidak mencukupim

"Tiap malam saya ke pasar, untuk mengambil sampah cangkang telur yang sudah dipisahkan dengan sampah lain oleh pedagangnya," ucapnya.

Dibutuhkan waktu 3 sampai 4 hari dalam proses pembuatan lukisan cangkang telur, tergantung tingkat kerumitan, dan Agus mematok harga Rp50.000 hingga Rp 1 juta. Agus Salim memanfaatkan media sosial untuk memasarkan lukisan cangkang telur yang dibuatnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Cilacap

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES